oleh

Karyawan PTPN VII Ikuti Sosialisasi Manfaat Dana Pensiun

Bandarlampung, Warta9.com – Puluhan karyawan PTPN VII mengikuti sosialisasi peserta Aktif Dapenbun Tahun 2021 yang digelar di ruang Harmonis lantai 1 kantor Direksi, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan yang digelar secara zoom meeting antara pengurus Dapenbun pusat yang menghadirkan Direktur Operasional Hudi Prihmono.
Dalam pembukaannya Direktur Operasional Dapenbun Hudi Prihmono menyampaikan Dapenbun merupakan Dana Pensiun Pemberi Kerja yang mengelola Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) karyawan PT Perkebunan Nusantara dan afiliasi. “Saat ini kami telah menggunakan aplikasi Dapenbun Online yang akan mempermudah proses Her Registrasi /SKD Online peserta aktif atau pensiunan yang dapat diisi melalui smartphone,” terang Hudi.

Sementara itu, Kepala Bagian SDM PTPN VII Hidayat mewakili manajemen PTPN VII menyambut baik dengan digelarnya kegiatan ini dimana para karyawan yang akan memasuki masa pensiun perlu mengetahui bagaimana tata cara untuk mendapatkan manfaat dan memahami perhitungan pensiun yang akan diperolehnya. “Selama ini masih ada pemahaman para karyawan jika pensiun maka secara otomatis mereka akan mendapatkan manfaat pensiun, padahal ada tahapan-tahapan yang harus dipenuhi oleh karyawan itu. Dengan sosialisasi ini diharapkan para karyawan yang ingin memasuki masa pensiun bisa mendapatkan edukasi pemahaman tahapan-tahapan dan data apa yang perlu disampaikan,” katanya.

Ia juga meminta kepada Bagian SDM dan PIC Unit Kerja untuk dapat menyampaikan sosialisasi ini kepada teman-teman karyawan yang di lapangan. Karena mereka belum semuanya mengerti dan paham bagaimana caranya mendapatkan fasilitas pensiun.

“Semoga sinergi yang terjalin dengan Dapendun sebagai wadah pensiunan PTPN bisa berjalan lebih baik lagi dan memberikan manfaat bagi para anggotanya,” harap Hidayat.

Sementara Kabid Kepesertaan & Pelayanan Peserta Dapenbun, Boiran Wawi dalam paparannya menjelaskan tentang peran peserta aktif dalam Dapenbun dalam pengelolaan dana pensiun. Dana pensiun adalah Badan Hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.

Dapenbun merupakan dana pensiun pemberi kerja yang mengelola Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) karyawan PT Perkebunan Nusantara dan afiliasi (21 Pemberi Kerja). Sebagai Pendiri adalah PT Perkebunan Nusantara III (Persero), dan 20 Pemberi Kerja yang lain sebagai Mitra Pendiri. Total peserta yang dikelola oleh Dapenbun per September 2021 sebanyak 290.083 orang, mencakup Peserta Aktif, Peserta Pensiun Ditunda, dan Peserta Pensiunan. Jumlah ini merupakan yang terbesar di Indonesia.

Peserta Dapenbun memiliki hak yakni manfaat pensiun berkala yang dibayarkan secara berkala setiap bulan kepada peserta, janda/duda yang berhak dan anak yang berhak. Dan manfaat pensiun sekaligus dibayarkan secara sekaligus pada saat peserta pertama kali menerima manfaat pensiun. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed