oleh

BEM Universitas Teknokrat Gelar Webinar How to be a Successful Entrepreneur

Bandarlampung, Warta9.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Teknokrat Indonesia PTS terbaik di Sumatera, menggelar Webinar Kewirausahaan dengan tema “How to be a Successful Entrepreneur” (Bagaimana Menjadi Pengusaha Sukses).

Webinar yang diselenggarakan pada Sabtu (2/10/2021), dibuka oleh Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Muhammad Najib, MT, menghadirka dua narasumber Ketua HIPMI Lampung Ahmad Giri Akbar dan Sheyla Taradia Owner BeMee Official.

M. Najib menyampaikan, mahasiswa harus memiliki jiwa entrepreneur agar bisa survive serta juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan baru.

Sebagai genarasi muda lanjut Najib, harus bisa beradaptasi dengan zaman yang selalu berkembang. Mahasiswa diharapkan dengan kegiatan ini dapat melahirkan ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif serta mempunyai keberanian untuk memulai suatu usaha.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Lampung Ahmad Giri Akbar, menyampaikan pengalamannya merintis bisnis Coffe Shop. Ia memulai bisnis dengan Coffee Shop lalu berkembang dan membuka Kiyo Resto.

Ia menyampaikan kepada Mahasiswa Universitas Teknokrat, menjadi pengusaha sukses tidak ujuk-ujuk atau mendadak berhasil. Semua perlu proses dan butuh ketekunan. Karena usaha yang ditekuni pasti akan berkembang pesat jika kita tekun.

Ahmad Giri menyampaikan, setiap orang yang ingin memulai bisnis wajib memiliki mentor. Mahasiswa yang memiliki ide diharapkan dapat mengaplikasikan ide tersebut menjadi sebuah bisnis yang nyata.

Giri memberikan kiat-kiat kepada anak-anak milenial terutama mahasiswa Universitas Teknokrat, ada
tiga l hal penting yang harus dimiliki saat berbisnis. Orang yang menjalan bisnis harus mempunyai business plan, financial plan, dan marketing plan. “Saat berbisnis maka harus menerapkan financial plan karena menggabungkan uang pribadi dengan uang bisnis adalah kesalahan yang sering dilakukan pemula yang ingin terjun dalam berbisnis,” ujar Giri.

Sementara itu, Owner BeMee Official Sheyla Taradia menyampaikan Tips Sukses menjadi pengusaha.

Menurut Syeyla, seorang pengusaha harus memiliki Mindset. Ia harus berani take action, berani untuk bertindak dan mengambil resiko. Pengusaha juga harus mempunyai koneksi, tanpa konekasi, pengusaha tidak dapat tumbuh dan memiliki relasi yang luas dan membuka peluang rezeki.

Selain itu, seorang pengusaha harus fokus dengan tujuan usaha yang sedang dijalani. Mau terus belajar dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah dicapai. Tekun dan pantang menyerah dengan bisnis yang sedang dijalani. “Tanamkan 4AS (Kerja keras, Kerja cerdas, Kerja tuntas, Kerja ikhlas). (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed