oleh

Hari Kunjung Perpustakaan, Karissa Siswi SDN 1 Beringin Raya Juara Melukis

Bandarlampung, Warta9.com – Walau setahun lebih belajar online, para pelajar SD ternyata tetap terasah kreatifnya. Mereka mengirimkan lukisan krayon yang semakin bagus ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

Semua karya anak-anak menggambarkan suasana perpustakaan pada masa pandemi Covid-19. Semua anak-anak tak hanya indah secara teknis, tapi juga mampu menuangkan kreativitas dan imajinasinya.

Tiga juri harus berdiskusi alot memilih pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2021 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

Ketiga juri yang menyeleksi 6 dari 44 karya yang teknik maupun kreativitasnya bagus-bagus dari kabupaten/kota, yakni (1) Bambang SBY (pelukis), (2) Herman Batin Mangku (jurnalis/pelukis), dan (3) David (kurator).

Pemenang pertama Karissa Atsila (SDN 1 Beringin Raya Bandarlampung) menggunakan krayon biasa. Namun, karyanya terlihat sekali imajinasinya bagaimana pentingnya buku untuk memahami dunia ini sekaligus upaya memerangi pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Dra. Ratna Dewi, MM sangat bangga melihat hasil karya anak-anak ini. “Masih anak-anak tapi gambarnya sudah bagus dan terlihat seperti nyata,” katanya.

Dia kagum dengan ide, kreativitas, imajinasi anak-anak. Ratna Dewi berharap lomba tersebut dapat memotivasi anak-anak terus berkarya. “Tahun depan, pesertanya semoga meningkat meskipun Covid-19 belum berakhir,” katanya.

Lomba dimulai tanggal 20 sampa 30 September 2021 dan penilaian dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2021 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung oleh tiga juri yang kompeten di bidangnya.

Hasilnya:
1. Karissa Atsila (SDN 1 Beringin Raya Bandarlampung).
2. Nathanael Andra Herdani (SD Fransiskus Pringsewu).
3. Clancy Clarence (SD Kartika 25 Persit Bandarlampung).
4. Valency Clarence Bahara (SD Xaverius 1 Bandarlampung).
5. Najwa Assyifa (SDIT Bustanul Ulum Terbanggi Besar Lampung Tengah)
6. Riski Rahmatulloh (SD2 2 Rawa Laut Bandarlampung)

Selain lomba menggambar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung mengadakan Lomba Pidato Bahasa Lampung Tingkat SMP, Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMA.SMK/MA dan Lomba Menggambar Tingkat SD.

Lomba-lomba tersebut dilaksanakan secara online. Surat Pemberitahuan lomba dipublikasikan melalui Media Tribun Lampung pada tanggal 22 September 2021, instagram, facebook dan whatsapp.

Kegiatan lomba-lomba ini dimaksudkan untuk melestarikan bahasa Lampung di kalangan pelajar sebagai bukti peradaban, seni dan budaya peninggalan nenek moyang baik lisan maupun tulisan.

Lomba juga untuk mengasah kreativitas, ide-ide, harapan dan sumbang saran dalam bentuk karya seni di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda Indonesia saat ini. (W9-jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed