oleh

SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung Jadi SMK Pusat Keunggulan, Sulpakar Berharap Dapat Tingkatkan Mutu Pendidikan di Lampung

Kadisdikbud Lampung Sulpakar membuka sosialisasi SMK Pusat Keunggulan di SMK Muhammadiyah 1 Kotaagung. (foto : ist)

Tanggamus, Warta9.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Drs. H. Sulpakar, MM, membuka sosialisasi Sekolah Penggerak SMK Pusat Keunggulan Sebagai Pelaksana Pembelajaran dengan Paradigma Baru SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung Tahun 2021, Senin (11/10/2021).

Sulpakar mengatakan, pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk menyiapkan peserta didiknya, terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu dengan maksud mengembangkan kemampuan peserta didik dalam penekanan pada penguasaan keterampilan, standar kompetensi, pengembangan sikap kewirausahaan dan pengembangan kepribadian profesional.

Lebih lanjut Sulpakar mengatakan, SMK merupakan jenis pendidikan yang sangat erat berhubungan dengan dunia kerja, berupaya membantu peserta didik untuk lebih siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri.

Pemerintah melakukan intruksi khusus untuk SMK melalui Instruksi Presiden No 9 tahun 2016 Tentang Revitalisasi SMK dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Arahan dari Inpres tersebut yaitu membuat peta jalan pengembangan SMK, pengembangan dan penyelerasan kurikulum, inovasi pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga pendidik, kerjasama sekolah dengan dunia usaha, industri, serta perguan tinggi, membentuk kelompok kerja pengembangan SMK, meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK dan akreditasi SMK.

Menurut Sulpakar, SMK Program Keunggulan (SMK-PK) mampu menghasilkan lulusan yang kompeten pada kompetensi keahlian tertentu dan terserap di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja serta dapat melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi. Melalui program penyelarasan pendidikan vokasi secara sistematik dan menyeluruh dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja.

Program SMK Pusat Keunggulan adalah pengembangan dari program-program sebelumnya, yakni SMK CoE dan SMK Revitalisasi yang lebih berfokus pada pengembangan SDM SMK. Dengan paradigma baru yang terintegrasi, penguatan manajemen sekolah dan pemutakhiran kurikulum yang berbasis pada kebutuhan dunia usaha, dunia industry dan dunia kerja serta penggunaan platform digital.

Pada tahun 2021 terdapat 29 SMK di Provinsi Lampung yang terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan dan merupakan langkah awal untuk membanggun serta meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Lampung khususnya SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung.

SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung merupakan salah satu SMK yang terpilih sebagai SMK pusat keunggulan di Provinsi Lampung dengan Program Sektor Ekonomi Kreatif dipilih menjadi Pusat Keunggulannya.

Oleh karena itu lanjut Sulpakar, SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung harus mampu menerapkan secara holistik dalam pengembangan Pusat Keunggulan yang mencakup :

1. Keterlibatan IDUKA yang menyeluruh dalam pengembangan SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung;
2. Guru SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung berkapasitas dan bersertifikasi yang diakui IDUKA;
3. Kepala SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK menjadi Pusat Keunggulan yang diakui IDUKA;
4. SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung yang memiliki sarana dan prasarana berstandar IDUKA;
5. SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung yang memiliki rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di IDUKA yang baik;
6. SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung menjadi rujukan (antara lain metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, dll) bagi SMK lainnya;
7. SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung menjadi pusat.pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya.

Tujuan akhir dari pengembangan pusat keunggulan ini kata Sulpakar,
meningkatnya kualitas pendidikan pada SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung sesuai bidang keahlian yang dikembangkan menjadi SMK Pusat Keunggulan yaitu Sektor Ekonomi Kreatif.

Meningkatnya kualitas fasilitas pendidikan kejuruan SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung sesuai dengan standar kebutuhan kompetensi keahlian dan standar IDUKA mitra Industri. Sehingga menjadi Pusat Keunggulan yang lebih berkualitas dan berdaya saing. Terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas pendidikan kejuruan, oleh pengguna dan pengelola SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung sesuai dengan kebutuhan IDUKA.

Membangun citra baru SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung dengan menciptakan proses pembelajaran praktik kejuruan yang berkualitas sehingga dapat menjadi sekolah penggerak bagi pengembanggan SMK lainnya sesuai dengan kebutuhan IDUKA.

“Saya berharap Bapak/Ibu peserta untuk dapat memcermati semua materi yang diberikan oleh para narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Sekolah Penggerak SMK Pusat Keunggulan Sebagai Pelaksana Pembelajaran dengan Paradigma Baru SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung Tahun 2021,” pinta Sulpakar.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain, Kepala Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Makassar Dr. Al Ashar, Pimpinan Muhammadiyah Tanggamus Riyanto, SPd, Kepala SMKS Muhammadiyah 1 Kotaagung Saiti Samba, Kepala Pekon Kusa Kartina Kuarsih. (W9-jam)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed