Ketua TP PKK Provinsi Riana Sari Arinal Serahkan Bantuan di Tanggamus dan Lakukan Pembinaan Organisasi

Ketua TP PKK Provinsi Riana Sari Arinal didampingi Wabup Tanggamus AM. Syafi’i menyerahkan bantuan kepada Dekranasda. (foto : ist)

Tanggamus, Warta9.com – Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Tanggamus, Kamis (11/11/2021). Kegiatan Ibu Gubernur dipusatkan di Pantai Muara Indah Kotaagung.

Kunker Riana Sari untuk menggerakan Keluarga Pelopor Perubahan dan memberikan pembinaan kepada berbagai organisasi daerah yaitu, TP PKK Kabupaten Tanggamus, Dekranasda, PAUD, Pokja Literasi, PMI, YJI, LKKS dan Porwosi.

Riana Sari juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada Ponpes, organisasi kemasyarakat, atlet berprestasi dan masyarakat Tanggamus.

Riana Sari melakukan dialog langsung dengan anak-anak SD dan SMP dan mengharapkan anak-anak rajin membaca buku. Membaca di kalangan anak-anak harus dibudayakan agar anak anak-anak tidak ketergantungan dengan android.

Istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga memberi bantuan alat-alat sekolah dan bantuan tali asih kepada siswa. Bunda PAUD Provinsi Lampung ini juga mengajak anak-anak bernyayi dan berpantun.

Riana Sari juga Ketua Dekranasda Lampung ini melakukan pembinaan kepada pengrajin di Tanggamus. Bukan hanya melakukan pembinaan, istri Gubernur Lampung ini membeli langsung hasil kerajinan masyarakat. Riana Sari juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan Dekranasda Tanggamus telah sukses menjadi ikon Lampung Craft kedua 2021. Karena itu, Riana Sari mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani.

Riana Sari mengatakan, kegiatan ini mengambil tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”. Bahwa kegiatan ini mengingatkan kita semua bahwa gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dimasa pandemi ini,” ujar Riana Sari.

Riana menyampaikan bahwa pandemi hampir berlangsung dua tahun membawa dampak luar biasa bagi kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk di Provinsi Lampung.

Menurutnya, pandemi ini tidak hanya mengancam keselamatan jiwa, tetapi juga menimbulkan dampak ekonomi maupun sosial secara luar biasa. “Anak-anak kehilangan orangtuanya yang meninggal terkena Covid-19, tekanan ekonomi keluarga akibat penghasilan yang menurun bahkan pada sebagian keluarga kehilangan mata pencaharian sama sekali. Juga terjadi peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta tindak pidana penjualan orang dan disisi lain kewajiban untuk belajar secara daring bagi anak sekolah juga menjadi masalah tersendiri baik bagi orang tua maupun anak-anak yang menjalaninya,” ujarnya.

Riana Sari menyampaikan, dengan semangat gotong-royong, saling membantu dan kepedulian akan menjadi potensi untuk mampu bertahan dimasa pandemi Covid-19 ini. “Tetapi jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, ternyata ketahanan masyarakat dalam bentuk semangat bergotong royong, saling membantu dan kepedulian terhadap sesama menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi ini. Disaat pandemi sektor UMKM bertahan menyumbang ekonomi masyarakat,” kata Riana.

Untuk itu, Riana Sari meminta agar terjalin kerjasama dan memotivasi antar organisasi seperti TP. PKK, Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi, LKKS, PMI, YJI dan Perwosi di Kabupaten Tanggamus sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat. “Saya sangat berharap dapat terjalin kerjasama antar organisasi dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanggamus AM. Syafi’i, menyampaikan selamat datang kepada Ibu Riana Sari di Kabupaten Tanggamus. Tanggamus tangga menuju surga, tangga menuju sukses. “Kemudian menjadi doa dan harapan kami Tanggamus Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera,” ujar Wabup Syafi’i.

Wabup juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas support atas semua bantuan semua ini yang tentu sangat bermanfaat untuk Kabupaten Tanggamus. Ucapan terimakasih disampaikan Kabupaten Tanggamus menjadi tuan rumah Lampung Craft. “Suatu kebanggaan bagi kami belah ketupat menjadi salah satu ikon pada gelaran Lampung Craft dan alhamdulillah Tanggamus memperoleh juara 1 untuk kerajinan tenun,” ujar Wabup Syafi’i.

Wabup juga menyampaikan bahwa kasus stunting di Kabupaten Tanggamus turun dan sudah di bawah rata-rata nasional.

Turut mendampingi Kunker Ketua TP PKK Provinsi Riana Sari di Pringsewu antara lain, Ketua DWP Provinsi Mamiyani Fahrizal, Sekretaris Dekranasda Rusdiana Dewi, Sejumlah kepala OPD seperti, Fitriana Damhuri (Kadis PPPA), Samsurijal (Kadis Koperasi), Ratna Dewi (Kadis Perpustakaan dan Arsip) dan Lukman (Karo Organisasi). (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.