oleh

Dekranasda dan Diskop-UMKM akan Gelar Festival Kemilau Tapis Lampung

Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari memimpin rapat persiapan Festival Kemilau Tapis Lampung. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung direncanakan akan menggelar Festival Kemilau Tapis Lampung 2021.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal memimpin langsung rapat persiapan penyelenggaraan Festival Kemilau Tapis Lampung 2021 bertempat di ruang rapat Dekranasda, Jum’at (12/11/2021).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Syamsurizal selaku penanggungjawab kegiatan melaporkan rencana penyelenggaraan Festival Kemilau Tapis 2021.

Penyelenggaraan Festival Kemilau Tapis Lampung 2021, direncanakan akan di selenggarakan pada 24-26 November 202, bertempat di Hotel Sheraton Bandarlampung.

Festival Kemilau Tapis Lampung 2021 bertujuan memberi ruang promosi bagi produk – produk Tapis Khas Lampung dan lebih memperkenalkan Tapis kepada masyarakat luas.

Event direncanakan akan diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan menampilkan hasil kerajinan Tapis dengan ciri khas masing-masing kabupaten/kota.

Pada penyelenggaraan event tersebut akan digelar pelatihan Tapis (coaching clinic) dengan tema Transformasi Tapis dari produk budaya menjadi produk ekonomis, peragaan busana, edukasi Tapis yang akan diikuti pelajar dan mahasiswa dan direncanakan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung akan menjadi salah satu edukator pada kegiatan tersebut. Kemudian Talkshow temu bisnis tapis dan UKM yang akan diselenggarakan secara hybrid, dan Lelang produk Tapis secara hybrid.

Ketua Dekranasda Riana Sari dalam arahannya menekankan beberapa hal terkait penyelenggaraannya, Ia berharap dalam pelaksanaannya harus ada edukasi kepada masyarakat tentang sejarah Tapis dengan melibatkan budayawan Lampung.

“Tapis milik Lampung harus disosialisasikan terus menerus kepada masyarakat tentang HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) sehingga masyarakat dan dunia tahu bahwa Tapis adalah milik Lampung,” ujar Riana Sari.

Istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini berharap dengan penyelenggaraan event ini, gaung Tapis akan semakin dikenal luas oleh masyarakat dan menjadi kebanggaan bagi warga masyarakat Lampung.

Diungkapkan Ketua Dekranasda, bahwa sebagai salah satu upaya untuk lebih meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap kerajinan Tapis. Ia juga telah berupaya menginisiasi penggunaan pakaian seragam dengan ornamen dan nuansa Tapis kepada ASN pada setiap hari Kamis.

Perajin-perajin Tapis diharapkan mendapatkan dampak positif dari penggunaan Tapis oleh ASN pada instansi pemerintah. Sebelumnya, Dekranasda telah menggelar Lampung Craft kedua dan berlangsung sukses.

Rapat persiapan diikuti oleh Kepala Dinas Koperindag Elvira Ummihani, Kepala Dinas Kominfotik Ganjar Jationo, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten/Kota, pengurus Dekranasda Provinsi Lampung, perwakilan BI, perwakilan Bank Lampung. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed