oleh

Temu Karya Taman Budaya Sarana Diplomasi antar Daerah untuk Wujudkan Kerjasama Budaya

Gubernur Arinal Djunaidi memberi cinderamata kepada Sekretaris Ditjen Kebudayaan Fitra Arda dalam pembukaan Temu Karya Taman Budaya. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda mengatakan, kegiatan Temu Karya Taman Budaya ini diharapkan mampu memberi ruang dan fasilitasi para seniman dari berbagai bidang dan lintas generasi untuk berkarya dan berinovasi dalam kemajuan kebudayaan.

Fitra menyebutkan juga diharapkan sebagai diplomasi antar daerah dalam mewujudkan kerjasama budaya. “Kegiatan ini tentu akan menjadi ruang untuk terus menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa,” ujar Fitra.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, MM, mengatakan terselenggaranya Temu Karya Taman Budaya ini di antaranya untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara taman budaya se-Indonesia dalam proses pelestarian pengembangan dan pembinaan seni budaya.

Selain itu, untuk memberikan ruang ekspresi dan kreasi bagi seniman dan pelaku seni di Indonesia. “Ini juga menjadi wadah dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan dalam program temu karya taman budaya,” ujar Sulpakar.

Sulpakar menyebutkan setiap Provinsi diharapkan dapat menampilkan potensi budaya, keunikan adat istiadat masing-masing daerah. “Yang dikreasi dalam bentuk pameran seni rupa, seni tari, musik dan puisi,” katanya.

Sulpakar menuturkan, kegiatan ini diikuti para seni perupa, siswa, tenaga pendidik dan kependidikan dalam bidang kebudayaan.

“Dengan bentuk kegiatan yaitu pameran seni rupa, pagelaran seni yang meliputi panggung ekspresi taman budaya se Indonesia dan panggung kreasi,” ujarnya.

Ia mengatakan salah satu agenda kegiatan pada acara itu yakni akan dilaksanakan diskusi yang terdiri dari seminar seni rupa nasional dan diskusi forum taman budaya se-Indonesia.
“Di sini juga diadakan bazar dan pameran hasil karya,” katanya.

Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ditandai pemukulan Cetik Lampung oleh Gubernur Arinal bersama Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda, Kadis Dikbud Sulpakar, Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, anggota Forkopimda dan undangan. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed