oleh

Luar Biasa, Banyak Mahasiswa Universitas Teknokrat Lulus Seleksi Pelatihan Microcredential Certification

Bandarlampung, Warta9.com – Ini benar-benar luar biasa dan keren, sebanyak 61 mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia PTS terbaik di Sumatera lulus seleksi pelatihan Microcredential Certification untuk data Scientist.

Pelatihan ini diadakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi dan Riset Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek RI. Penelitian ini didukung oleh para ahli data scientist dari ITB, UI, ITS, UGM, Telkom University, University Syiah Kuala, Universitas Gunadarma, Universitas Dian Nuswantoro Universitas Udayana Universitas Hasanuddin dan Universitas Amikom.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, mengatakan, mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia ini akan mendapatkan pelatihan penuh selama 1 bulan 10 hari via daring. Program ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berpengalaman dan dapat langsung terjun ke dunia nyata atau industri dalam bidang untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

Pelatihan tersebut diadakan untuk mengakselerasi pemenuhan kebutuhan di bidang tersebut. Pelatihan akan menggunakan acuan akuntansi nasional.

Mahathir Muhammad mengatakan, para mahasiswa yang lulus seleksi pada pelatihan dengan standar tinggi memang sangat membanggakan. Apalagi para mentor memang berpengalaman. Karena itu, Mahathir mengatakan pelatihan tersebut guna meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM).

Dengan begitu, mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia pasca lulus bisa ahli dalam bidang tersebut. Pelatihan sains data ini lanjut Mahathir, memang menjadi kebutuhan zaman. Dengan ini para mahasiswa bisa meningkatkan pengembangan produk terkait kecerdasan artifisial.

Data Sains dan Kecerdasan artifisial ini akan menutupi kebutuhan industri dan lembaga pemerintah.

Lebih lanjut Mahathir mengatakan, kegiatan Microcredential Certification dalam bidang Data Science dan Artificial Intelligence dilaksanakan dalam rangka melakukan akselerasi dalam pemenuhan kebutuhan di bidang ini. Dengan membekali mahasiswa dengan kompetensi bidang Data Science dan Artificial Intelligence, maka lulusan perguruan tinggi dapat menutupi kebutuhan talenta baik di industri maupun lembaga pemerintahan dan layanan publik.

Kegiatan Microcredential ini meliputi; Pelatihan yang disusun berdasarkan suatu standar kompetensi.

Sertifikasi yang dilaksanakan dengan standar kompetensi dan landasan yuridis pemberian sertifikasi nasional.
Sebagai bagian magang karena memecahkan masalah pada industri

Pengayaan sebagai produk mendukung enterpreneurship para mahasiswa dan lulusan.

Pelaksanaan kegiatan ini juga untuk mendukung penyelenggaraan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari Program Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek). (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed