Buka MTQ ke-48, Gubernur Arinal Berharap MTQ Harus Digalakkan Setiap Jenjang

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan sambutan saat pembukaan MTQ ke-48. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021, di Islamic Centre Rajabasa Bandarlampung, Jumat (26/11/2021) malam.

Gubernur Arinal usai membuka Rakernis PMI di Novotel, langsung membuka MTQ di Islamic Centre Rajabasa. MTQ ke-48 dilaksanakan pada tanggal 26 November 2021 sampai dengan 01 Desember 2021 di Komplek Islamic Center Rajabasa, Bandarlampung. Peserta MTQ berjumlah 594 orang. Dewan hakim berjumlah 114 orang dan pengawas 11 orang.

Menurut Gubernur Arinal, MTQ merupakan kegiatan tradisi umat Islam yang kehadirannya sangat ditunggu. “Selain sebagai ajang kompetisi, MTQ juga sebagai wahana silaturahmi dan sharing para pencinta Al-Quran dalam pengembangan pembacaan Al-Quran, penghafalan, penulisan, pemahaman, penafsiran, dan penyebaran isi kandungan Al-Quran,” ujar Gubernur Arinal.

Diharapkan, MTQ ini dapat memberikan kedamaian dan kesejukan bagi masyarakat di Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, bahkan Kelurahan untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Al-Qur’an.

“Demikian pula pembinaannya harus terus digerakkan sepanjang tahun dengan revitalisasi Kantor LPTQ se-Provinsi Lampung. Melalui LPTQ juga saya berharap program Lampung Mengaji dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Gubernur Arinal menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19 MTQ/STQ Nasional tetap diselenggarakan meskipun dengan penyesuaian protokol pelaksanaan. MTQ Nasional tahun 2020 dilaksanakan di Padang Sumatera Barat dan STQ Nasional di Maluku Utara.

“Provinsi Lampung meskipun gagal menyelenggarakan MTQ ke-48 tahun 2020 di kabupaten Pringsewu dan menundanya hingga selesai STQ Nasional 2021 lalu. Dan alhamdulillah malam ini MTQ ke-48 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021 dapat kita selenggarakan dengan protokol kesehatan ketat dan pembatasan jumlah kehadiran,” ujarnya.

Meskipun dilaksanakan dengan penyesuaian dan penyederhanaan pola kegiatan, Gubernur Arinal berharap penyelenggaraan MTQ tetap berkualitas dan melahirkan Qori/Qoriah, Hafizh/Hafizhah dan peserta MTQ yang handal yang siap bersaing pada MTQ Nasional tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan mendatang, dan event-event nasional lainnya bahkan Internasional. Tentunya dengan pembinaan yang berkesinambungan pasca MTQ tingkat Provinsi Lampung ini.

“Saya juga berharap penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Lampung setiap tahunnya dilaksanakan setelah MTQ/STQ nasional seperti saat ini, agar kita memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pembinaan pasca MTQ Provinsi sebelum dikirim ke tingkat nasional dan memberikan kesempatan LPTQ kabupaten/Kota, Kecamatan bahkan Kelurahan, menyelenggarakan MTQ supaya Lampung menjadi lumbung Qori, Hafizh, Mufassir, Kaligrafer, Penulis dan Pendakwah Al-Quran,” ujarnya.

Lebih dari itu, Gubernur Arinal mengajak berbagai pihak untuk terus bersinergi membangun kejayaan Lampung dalam pembinaan pemahaman dan pengamalan ajaran agama untuk memastikan Lampung yang aman, berbudaya, maju dan berdaya saing dan sejahtera.

Kepada seluruh peserta, Gubernur Arinal mengucapkan selamat Bermusabaqah. Berkompetisilah secara sportif demi kemuliaan Al-Quran. “Junjung tinggi akhlaq Qurani agar MTQ menghasilkan peserta yang berkualitas dan dapat bersaing pada MTQ Nasional tahun 2022 mendatang. Saya yakin MTQ akan mendatangkan berkah bagi bumi Lampung yang kita cintai ini,” ujarnya.

Kepada seluruh Dewan Hakim dan Pengawas, Gubernur mengucapkan Selamat bertugas. “Bertugaslah dengan jujur, adil dan amanah. Berikan penilaian dengan objektif,” harap Gubernur.

Pembukaan MTQ dihadiri antara lain; Forkopimda Provinsi Lampung, Wakil Ketua DPRD Hj. Ririn Kuswantari, Ketua Umum MUI Provinsi Lampung Prof Dr. Moh Mukri, Bupati/Walikota (Bupati Pringsewu H. Sujadi, Tanggamus Dewi Handajani, Bupati Lambar Parosil Mabsus, Bupati Lamtim M. Dawam Raharjo)

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim, Ketua LPTQ Provinsi Lampung Qudratul Ikhwan, Kaban Kesbangpol M. Firsada, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulpakar, Kadis Sosial Saprodi, Kadis Perhubungan Bambang W, Kadis Kominfotik Ganjar Jationo, Karo Kesra Ria Andari, Kasat Pol PP, Karo Kesra serta para Dewan Hakim, Pengawas, Pimpinan Kafilah dan Peserta MTQ. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.