Gubernur Arinal Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama, 14 Bupati/Walikota Terima APE/KLA

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima penghargaan APE Utama dari Menteri PPPA Bintang Puspayoga. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com — Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi menghadiri Penyerahan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Provinsi Lampung Tahun 2020 dan Kabupaten/Kota serta Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, di Mahan Agung, Sabtu (27/11/2021).

Gubernur Arinal Djunaidi menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 Kategori Utama dan Penghargaan UPTD PPA untuk Provinsi Lampung atas terbentuknya UPTD di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya terus mengupayakan pemberdayaan perempuan agar dapat berkontribusi positif dalam pembangunan serta mengupayakan dalam hal perlindungan dan pemenuhan hak anak untuk menjadikan generasi penerus yang berkualitas.

“Hal tersebut menjadi komitmen saya dalam agenda kerja sampai dengan tahun 2024 yaitu mewujudkan Perempuan Berjaya dan Lampung Ramah Perempuan dan Anak,” kata Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Bintang Puspayoga atas dukungannya, sehingga pada tahun 2022 seluruh Kabupaten/Kota mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik untuk pencegahan maupun penanganan korban kekerasan perempuan dan anak.

Selain dua Kabupaten yang telah ditetapkan oleh Kementerian PPPA sebagai percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, yaitu Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Tulang Bawang, Gubernur Arinal bersama dengan Bupati dan Walikota berkomitmen untuk mewujudkan minimal satu desa/kelurahan di setiap Kabupaten/Kota sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak pada tahun 2022.

“Khusus untuk Bupati Tulang Bawang Barat dan Mesuji, saya minta di tahun 2022 harus bekerja keras agar pelaksanaan pengarusutamaan gender dan mewujudkan Kota Layak Anak menuju Provinsi Layak Anak dapat kita wujudkan bersama,” tegas Gubernur.

Gubernur Arinal juga menekankan sinergi dan kolaborasi yang baik antar unsur Pentahelix agar pembangunan di bidang Perempuan dan Anak di Provinsi Lampung dapat berhasil.

Sementara itu, Menteri Bintang Puspayoga berharap bahwa melalui penganugerahan ini, Gubernur, Bupati, Walikota dan Pemangku Kepentingan lainnya dapat termotivasi untuk menghasilkan kebijakan yang responsif gender dan ramah anak yang diwujudkan dalam bentuk Perda, Pergub, Perbup, ataupun Perwali.

“Karena pencegahan dan penanganan terhadap kasus-kasus kekerasan dan pemberdayaan perempuan tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi,” terang Menteri Bintang.

Menteri Bintang Puspayoga mengapresiasi Gubernur Arinal terkait dengan telah terbentuknya UPTD PPA yang tidak hanya di tingkat Provinsi, tapi juga di seluruh 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

“Kami dari Kementerian PPPA mengapresiasi Gubernur yang telah mendorong para Bupati dan Walikota dalam pembentukan UPTD,” ujar Menteri Bintang Puspayoga.

Hadir dalam kegiatan Menteri PPPA di Mahan Agung antara lain, Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Ririn Kuswantari, Ketua TP PKK juga Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal serta sejumlah pejabat tinggi Pratama dan anggota Forkopimda.

Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2020.

1. Kota Bandarlampung : APE Madya /KLA Madya
2. Lampung Timur : APE Madya /KLA Madya
3. Kota Metro : APE Madya /KLA Pratama
4. Lampung Selatan : APE Madya / KLA Pratama
5. Lampung Tengah : APE Madya / KLA Pratama
6. Tulang Bawang : KLA Madya /APE Pratama
7. Pesawaran : KLA Madya /APE Pratama
8. Lampung Utara : APE Pratama / KLA Pratama
9. Lampung Barat : APE Pratama / KLA Pratama
10. Way Kanan : APE Pratama /KLA Pratama
11. Tanggamus : APE Pratama /KLA Pratama
12. Pringsewu : APE Pratama /KLA Pratama
13. Pesisir Barat : APE Pratama /KLA Pratama
14. Mesuji : APE Pratama. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.