Wakil Ketua DPRD Ririn Kuswantari Sosialisasi IP-WK di Kabupaten Pesawaran

Ririn Kuswantari, Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung. (foto : dok)

Pesawaran, Warta9.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Hj. Ririn Kuswantari, S.Sos, MH, melakukan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IP-WK) di Desa Sukabanjar Kecanatan Gedongtataan Pesawaran, Sabtu (27/11/2021).

Dalam sosialisasi IP-WK, Ririn Kuswantari menghadirkan dua narasumber yaitu;
Erlinda Widiastuti, M.Pd dan Aditya Desilma Putra, SH, M.Kn. Selain itu, hadir juga Babinsa Desa setempat, tokoh agama, masyarakat dan pemuda.

Ririn Kuswantari juga anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Lampung ini, mengajak masyarakat untuk memperkuat wawasan kebangsaan dimulai dari lingkungan keluarga terdekat.

Menurut Ririn, nilai-nilai Pancasila perlu terus dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti keteladanan dan kesuritauladanan orang tua terhadap anak dan anggota keluarga merupakan bagian dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Menurutnya, Wawasan Kebangsaan lahir ketika Bangsa ini berjuang membebaskan diri dari segala bentuk kolonisasi, perlawanan terhadap bentuk subjugasi dan dominasi. Karena itu, wawasan kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar.

Wawasan kebangsaan memberikan arah gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup negara.
Sekaligus perkembangan negara dimasa depan.

Menurut anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil Lampung III (Kabupaten Pesawaran, Pringsewu dan Kota Metro) ini, kehidupan berbangsa dan bernegara harus berjalan diatas rel kesepakatan bersama yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan selogan Bhineka Tunggal Ika.

Menurut Ririn, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional yang merupakan sumber hukum tertinggi dari hukum yang berlaku di Indonesia. Karenanya, maju atau mundurnya nasib bangsa ini sangat bergantung pada kompentsi yang dimiliki oleh warga negara. “Dan negara yang maju peradabpannya ditandai dengan kemampuan bangsanya untuk mengelola wawasan kebangsaan sehingga menjadi karakter bangsa yang positif,” ujar Ririn. (W9-jam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.