Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Juluki Riana Sari Arinal Ibu UMKM

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal disambut Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Ketua TP PKK Nanda Indira Dendi. (foto : ist)

Pesawaran, Warta9.com – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diam-diam rupanya punya penilaian khusus kepada Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal.

Perhatian yang luar biasa Riana Sari kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) usaha produktif perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi usaha mikro, sangat luar biasa menjadi perhatian Bupati Pesawaran. Sehingga Dendi Ramadhona menjuluki Riana Sari Arinal Ibu UMKM.

“Perhatian Ibu Gubernur terhadap UMKM luar biasa. Maka boleh saya katakan beliau ini Ibu UMKM Lampung,”ujar Bupati Dendi, saat menyampaikan sambutan pada Kunker Ketua TP PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pesawaran yang berlokasi di pantai Benteng Samudra (Bensam) Batu Menyan Pulau Pandan, Rabu (1/12/2021).

Dendi juga mengatakan, selain perhatian yang cukup besar terhadap UMKM, Riana Sari juga mempunyai perhatian besar sektor pariwisata dan lain-lainnya. Karena itu, kita berharap sektor UMKM di Lampung akan berkembang khususnya di Pesawaran. Apalagi sekarang ini di bawah kepemimpinan Ibu Riana Sari Arinal, Dekranasda Kabupaten/Kita bergerak dan guyub membina UMKM terutama para pengrajin Lampung.

Sementara itu, Riana Sari Arinal sebagai Ketua Dekranasda Lampung berkomitment untuk terus meningkatkan pembinaan UMKM.

Istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini akan menggandeng pihak bank dan BPJS Ketenagakerjaan. Alasan Riana Sari, Karena begitu banyak perajin- perajin di Lampung yang membutuhkan modal tetapi mereka bingung harus kemana. “Kami akan memfasilitasi nya kemudian juga betapa perlunya kita melindungi perajin-perajin kita. Oleh karenanya, nanti saya akan menggandeng BPJS ketenagakerjaan karena kita harus mengantisipasi hal-hal yang terjadi sesuatu dengan bapaknya atau ibunya, Maka anaknya akan tetap bisa melanjutkan sekolah,” ujar Riana.

Riana Sari juga menyampaikan kepada Bupati potensi Pesawaran, bahwa potensi wisata di pesisir Pesawaran ini sangat luar biasa karena daerah pesisir pantainya sangat bagus dan sangat banyak yang bisa dijadikan obyek wisata.

Karenanya, Riana Sari menyarankan agar produk-produk kain kerajinan Lampung yang harganya bisa dijangkau masyarakat bisa dibuka outlet-outlet bekerjasama dengan pengelola pantai. Sehingga para wisata pantai bisa mudah mencari dan membeli oleh-oleh kerajinan Lampung.

“Saya mungkin nanti ada program yang bisa melaksanakan adalah Kabupaten ya daerah-daerah atau yang mempunyai pantai, bisa setiap Minggu atau Sabtu dibuat seperti pasar-pasar dijual di pinggir pantai. “Kalau tapis kan harganya mahal tapi turunannya seperti tas, sendal, souvenir-souvenir yang harganya bisa terjangkau. “Itulah salah satu upaya kita untuk membangkitkan perajin dan mudah-mudahan perajin yang ada di kabupaten/kota ini akan menjadi anggota Dekranas Provinsi Lampung.

Setelah menjadi anggota akan banyak kemudahan-kemudahan dan prioritas yang akan diberikan tetap berproduksi. Kalau mungkin selama ini mereka berproduksi mereka bingung pemasarannya bagaimana jadi biarkan UKM berinovasi berproduksi masalah pemasaran itu menjadi tanggung jawab Dekranasda Provinsi Lampung. Riana Sari juga menyampaikan agar perajin di Lampung terus melakukan inovasi soal pemasaran Dekranasda Lampung akan membantu pemasarannya. (W9-jam)

banner 300250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.