Mahasiswa Universitas Teknokrat Juara Nasional Esai Matematika

Bandarlampung, Warta9.com – Setiap tahun mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik di Sumatera Program Studi S1 Pendidikan Matematika menjadi juara nasional bidang matematika. Kali ini mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia kembali prestasi di tingkat Nasional. Tidak tanggung-tanggung, dua mahasiswanya meraih Juara 1 dan Juara 3 Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS) yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Adapun mahasiswa tersebut adalah Putri M. Asmara Juara I dan Yuli Santika Juara III, keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2019.

Dosen pembimbing, Sugama Maskar, M.Pmat, menyampaikan bahwa esai matematika yang dibuat oleh Putri yaitu mengenai “Optimalisasi Penggunaan Power Point dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi SOOMUS” dan Yuli Santika mengenai “Lab Maya Geometri: Strategi Pembelajaran Daring Transformasi Geometri di tengah Covid-19”.

Lomba Matematika yang diikuti oleh Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia judul Optimalisasi Penggunaan Power Point dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi SOOMUS” oleh Putri Yuli Santika. Aplikasi itu adalah SOOMUS.

SOOMUS adalah sebuah aplikasi dimana dapat membuat media Pembelajaran berupa Power Point menjadi jauh lebih menarik. Aplikasi SOOMUS menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Tidak hanya itu aplikasi SOOMUS menyediakan beberapa fitur, yaitu terdapat beragam template Power Point. Berbeda dengan Template yang disediakan pada Power Point biasanya, pada aplikasi SOOMUS terdapat berbagai bervarian yang unik dan yang pastinya jauh lebih menarik daripada menggunakan Power Point biasanya. Kemudian, aplikasi SOOMUS juga menyediakan fitur yang menarik yaitu bisa merekam Power Point dan dapat di export menjadi Video Pembelajaran yang menggunakan Power Point. Berbeda dengan menggunakan Power Point biasanya yang hanya dapat merekam Power Point saja, di Aplikasi SOOMUS ini terdapat animasi gerak yang unik, demikian penjelasan dari Putri.

“Lab Maya Geometri: Strategi Pembelajaran Daring Transformasi Geometri di tengah Covid 19” Yuli Santika, Lab Maya Geometri adalah proses pembelajaran berbasis digitalisasi yang diterapkan dalam pembelajaran geometri dengan perkembangan teknologi masa kini. Lab Maya Geometri memfasilitasi siswa untuk menggabungkan aspek teori dan aspek praktik dengan tidak menggunakan benda tulis. Proses pembelajaran Lab Maya Geometri mensimulasikan pembelajaran seperti percobaan nyata pada pembelajaran tatap muka. Meskipun terdapat rata-rata kemampuan awal siswa dalam suatu kelas relatif rendah tidak menjadi hambatan untuk melakukan pembelajaran dengan Lab Maya Geometri, Demikian penjelasan Yuli Santika.

Judul tersebut menyesuaikan dengan tema pada Lemnas UPI 2021 yaitu mengenai “Peran teknologi dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi”. Adapun penyelenggaraan Lomba Esai Matematika tersebut dilaksanakan dari mulai tanggal 29 Agusuts – 17 September 2021 untuk mengumpulkan karya berupa esai matematika, kemudian pengumuman 10 besar esai terbaik diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2021. Setelah itu video presentasi mengenai esai tersebut dilakukan pada periode 30 Oktober – 10 November 2021 sampai dengan pengumuman pemenang pada tanggal 4 Desember 2021 secara daring.

Sugama menambahkan bahwa lomba esai matematika tersebut diikuti oleh beberapa kampus di Indonesa, diantaranya Universitas teknokrat Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, UIN Alaudin Makassar, Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Universitas Majalengka, dan Universitas Negeri Indramayu.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad SE., MM, menyatakan bahwa Unversitas Teknokrat Indonesia selalu mendukung dan juga memfasilitasi kegiatan pengembangan minat, bakat, dan nalar mahasiswa. Sehingga mahasiswa dapat terus menelurkan prestasi setiap tahunnya.

Mahathir menambahkan bahwa komitmen Universitas Teknokrat Indonesia terhadap pengembangan minat, bakat, dan nalar ini merupakan salah satu cara Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera untuk dapat meningkatkan kompetensi, sekaligus pengalaman mahasiswa di luar kampus sehingga dapat bersaing dengan kampus lain.

Prestasi lain yang telah diraih oleh putri Putri Meilia Asmara: Juara II Sebelas Maret Statistics Infographic Competition (SSIC) tahun 2021; Juara III Sebelas Maret Statistics Infographic Competition (SSIC) tahun 2020; Terpilih sebagai mahasiswa pertukaran mahasiswa merdeka belajar Kemendikbud ke Universitas Halu Uleo, Kendari. Sedangkan Prestasi Yuli Santika: Juara I Sebelas Maret Statistics Infographic Competition (SSIC) tahun 2021; Juara I Sebelas Maret Statistics Infographic Competition (SSIC) tahun 2020; Terpilih sebagai mahasiswa pertukaran mahasiswa merdeka belajar Kemendikbudristek RI. (W9-jam)

banner 300250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.