Universitas Teknokrat Indonesia Tambah Doktor Ilmu Komputer

Bandarlampung, Warta9.com – Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik di Sumatera kembali menambah satu dosen doktor.

Dr. Dedi Darwis, Dosen Universitas Teknokrat Indonesia berhasil lulus dan meraih gelar doktor pertama untuk bidang ilmu komputer Universitas Lampung. Ia berhasil menyelesaikan pendidikan doktornya dalam kurun waktu 4 tahun di Universitas Lampung.

Pada sidang promosinya, dosen Universitas Teknokrat Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Analisis dan Pengembangan Metode pada Teknik Steganografi untuk Mengatasi Permasalahan Manipulasi Robustness” diruang Sidang Lantai 3 Gedung Dekanat FMIPA Universitas Lampung pada Selasa, 14 Desember 2021.

Dedi Darwis dalam ujian terbukanya memaparkan bahwa penelitiannya telah menghasilkan tiga metode yang menjadi novelty (kebaruan penelitian) pada bidang Steganografi. Tiga metode tersebut dedi beri nama: 1) Center Sequential Technique; 2) Center Embedded Pixel Positioning (CEPP); dan 3) Steganography on Image Metada. Hasil dari penelitian tersebut telah diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi terindeks Scopus (Q2) pada Jurnal Cybernetics and Information Technologies tahun 2021, yang diterbitkan oleh Institute of Information and Communication Technologies – Bulgaria. Disertasi yang dedi kerjakan mendapatkan hibah dari Kemendikbudristek pada tahun 2021 dengan skema Penelitian Disertasi Doktor (PDD).

Sidang terbuka dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung Bidang Akademik Prof. Dr. Heryandi, dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Dr. Eng Suripto Dwi Yuwono. Ketua Program Studi Doktor MIPA Dr. G. Susanto Nugroho. Tim promotor, Prof. Wamiliana, Dr.rer.nat Akmal Junaidi, dan Prof La Zakaria. Penguji Eksternal didatangkan dari Universitas Sriwijaya Samsuryadi, Ph.D. dan Tim Penguji Internal yaitu Dr. Kurnia Muludi dan Dr. Eng Admi Syarif.

Pada sidang terbuka tersebut turut hadir Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE SE, MBA, didampingi oleh Wakil Rektor Dr. Mahathir Muhammad, SE., MM. Pada kesempatan tersebut, Nasrullah memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Dr. Dedi Darwis, S.Kom, M.Kom atas capaian gelar Doktor Ujian Terbuka Disertasi Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Negeri Lampung.

Sosok Dr. Dedi Darwis
Dr. Dedi Darwis, S.Kom, M.Kom. mempunyai keahlian di bidang steganografi dan data science yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera pada periode 2021-2025 dan telah memperoleh jenjang akademik Lektor.

Sebagai dosen, pada bidang pendidikan, Dedi telah menerbitkan dua buku yang berjudul Professional Secretary, dan Terampil Membuat Laporan Keuangan, pada bidang Penelitian ia selalu mendapat hibah dari Kemendikbudristek mulai dari tahun 2016 sampai dengan 2021, pada bidang pengabdian Dedi juga selalu memperoleh hibah PKM dari Kemendikbudristek dari tahun 2019 sampai dengan 2021. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.