oleh

Berhasil Percepat Akses Keuangan Daerah, Gubernur Arinal Raih Penghargaan TPAKD Award 2021

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima TPAKD Award 2021. (foto : ist)

Jakarta, Warta9.com — Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi kemabali meraih penghargaan. Kali ini menerima penghargaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2021, di Ballroom Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Gubernur Arinal Djunaidi berhasil mengimplementasikan program kerja TPAKD selama tahun 2020 dan 2021 dengan sangat baik, optimal dan berdampak positif dalam percepatan akses keuangan di daerah.

Kategori penghargaan yang diraih adalah Provinsi Terbaik Dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso secara virtual dalam Rapat Koordinasi Nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) 2021, di Ballroom Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis.

Penilaian TPAKD Award dilakukan secara kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggungjawab oleh Tim Penilai Utama yang independen dari perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, Akademisi dan World Bank.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, mengucapkan selamat kepada daerah yang telah mendapatkan TPAKD Award. “Selamat kepada peraih penghargaan TPAKD Award 2021. Dan diharapkan hal ini menjadi semangat untuk lebih baik lagi kedepannya,” ujar Wimboh Santoso.

Wimboh menjelaskan, bahwa 2021 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, mengingat saat ini masih di masa pandemi. Meskipun begitu sudah lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Kita harus lebih optimistis ke depan, agar kita dapat melaksanakan tugas kita dengan lebih leluasa, dan memberikan manfaat yang lebih banyak kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Wimboh, tanpa kontribusi dan sinergi Pemerintah Daerah, maka ini tidak akan ada artinya. Program Pemerintah Pusat dan OJK dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tidak akan ada artinya tanpa sinergi dari Pemerintah Daerah.
“Terimakasih kepada seluruh pihak terkait atas seluruh sinergi. Semoga ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Plh. Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni menjelaskan Rakornas TPAKD merupakan salah satu wujud nyata kebersamaan dalam mendukung pemulihan ekonomi pada masa pandemi. “Terimakasih kepada OJK, Bank Indonesia, seluruh Gubernur dan Bupati yang telah menyamakan sinergi dan persepsi dalam pemulihan ekonomi nasional pada masa pandmi,” jelas Agus Fatoni.

Agus Fatoni menilai semua pihak merasakan dampak pandemi yang berpengaruh terhadap turunnya ekonomi global, termasuk terhadap laju ekonomi nasional.

“Tentunya peranan TPAKD dalam pemulihan ekonomi nasional sangatlah penting, sebagaimana tujuan TPAKD antara lain Mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah; Menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan,” ujarnya.

Agus mengatakan pihaknya mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif antara lain untuk mengembangkan UMKM, usaha rintisan (start up business) dan membiayai pembangunan sektor prioritas.

Dia juga berharap seluruh stakeholder terkait dapat terus bersinergi dalam mendukung Pemulihan ekonomi Nasional pasca pandemi.

Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa penghargaan dan apresiasi yang didapat tidak terlepas dari semangat dan kerja keras seluruh stakeholder terkait. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed