oleh

Wakil Ketua DPRD Apresiasi Capaian Pendapatan dan Realisasi Belanja Daerah Provinsi Lampung

Ririn Kuswantari, Wakil Ketua DPRD Lampung. 

Bandarlampung, Warta9.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Hj. Ririn Kuswantari, S.Sos, MH, mengapresiasi kinerja Gubernur Lampung Arinal Djunaidi beserta jajaran yang telah merealisasikan pendapatan daerah 2021 sebesar 99 persen dan merealisasikan belanja secara maksimal dengan capaian 94,01 persen.

Apresiasi terhadap kinerja Gubernur dan Wagub Lampung Arinal-Chusnunia, juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Lampung Hj. Elly Wahyuni, saat ekspos kinerja Pemprov Lampung akhir tahun 2021.

Menurut catatan Elly Wahyuni, legislator dari Partai Gerindra ini, lebih dari 30 penghargaan telah diterima Gubernur Lampung dan jajaran. “Ini luar biasa. Padahal, Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung baru menjabat, Bangsa Indonesia sudah ditimpa musibah Covid-19. Tapi, berbagai prestasi telah diraih,” ujar Elly Wahyuni.

Ririn Kuswantari melanjutkan, sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi Lampung, Dewan sangat mengapresiasi kinerja Gubernur-Wagub Lampung Arinal Djunaidi – Chusnunia dalam menggerakkan jajarannya sehingga target pendapatan yang telah ditetapkan bersama antara eksekutif dan legislatif dapat direalisasikan Hinggan 99 persen.

“Capaian ini sangat luar biasa. Dewan sebagai mitra eksekutif tentu sangat mengapresiasi capaian pendapatan dan realisasi anggaran tahun 2021. Padahal tahun 2021, kita Bangsa Indonesia sedang diterpa musibah non alam pandemi Covid-19. Tapi, Gubernur Lampung dan jajaran tetap semangat dan optimis sehingga capaian pendapatan dan realisasi anggaran cukup tinggi,” ujar Ririn Kuswantari juga anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Karena itu, lanjut Ririn Kuswantari, sangat wajar bila Mendagri juga memuji kinerja Gubernur Lampung. “Karena tahun 2021 musibah besar bagi Bangsa Indonesia akibat pandemi Covid-19. Tapi Provinsi Lampung berhasil mengatasi pandemi tersebut dengan baik. Sehingga dampak positif terhadap stabilnya perekonomian bahkan mengalami peningkatan.

Sebagai mitra eksekutif, kata Ririn, Dewan terus mendorong Gubernur-Wagub dan seluruh jajarannya untuk lebih meningkatkan lagi capaian-capaian yang telah diraih untuk kembali meraih prestasi lebih baik lagi tahun anggaran 2022.

Diberitakan sebelumnya, apresiasi pendapatan dan belanja daerah Provinsi Lampung disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Bahkan mendagri akan membentuk tim untuk mempelajari kiat Pemerintah Provinsi Lampung karena mampu mencapai pendapatan daerah yang tinggi pada 2021, yakni sebesar 99 persen.

“Itu sangat bagus sekali, saya juga tidak ngerti ilmunya resepnya beliau, saya perlu belajar,” ujar Mendagri saat memberikan keterangan pers pada kunjungan kerjanya (Kunker) dalam rangka Monitoring, Evaluasi Program dan Kegiatan Strategis di Provinsi Lampung, yang berlangsung di Mahan Agung, Bandar Lampung, Rabu (5/1/2022).

Mendagri M. Tito Carnavian didampingi Gubernur Lampung.

Tim tersebut, lanjut Mendagri, untuk membantunya memberikan masukan kepada provinsi lain yang capaian pendapatannya masih rendah. Mendagri menuturkan, banyak daerah yang pendapatannya masih berada pada angka 75 persen, 70 persen, bahkan 60 persen. Padahal capaian realisasi pendapatan ini akan mempengaruhi jumlah anggaran belanja daerah.

Tak hanya capaian realisasi pendapatan daerah yang dinilai baik, Lampung juga mampu merealisasikan belanjanya secara maksimal dengan capaian 94,01 persen. Angka itu membuat Lampung bertengger di urutan kedua provinsi yang belanjanya tinggi setelah Jawa Barat. Hal itu menandakan uang yang beredar di masyarakat melalui beragam program berjalan baik. Capaian itu juga akan dipelajari oleh Mendagri.

Di lain sisi, lanjut Mendagri, di bawah Gubernur Arinal Djunaidi, Lampung melahirkan banyak terobosan kreatif dalam bidang pertanian yang merupakan salah satu unggulan daerah tersebut. “Saya tentunya dari pemerintah pusat mendorong dan mendukung, apalagi Lampung merupakan salah satu gudang pangan ya, sumber pangan nasional,” terang Mendagri.

Mendagri menilai, laju pembangunan Provinsi Lampung begitu pesat, baik di bidang sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, dan sebagainya. Meski begitu, Mendagri mengingatkan, agar berbagai program yang disusun tetap mengacu pada visi Presiden Joko Widodo. (W9-jam)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed