oleh

Tim PkM Universitas Teknokrat Bangun Desa Berbasis Website dan Sosialisasi Alat Panen Hujan di Tanggamus

Dosen Universitas Teknokrat Indonesia melakukan PkM Desa Binaan di Kabupaten Tanggamus. (foto : ist)

Tanggamus, Warta9.com -Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan salah satunya adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Karena PkM merupakan satu diantara 3 tugas pokok dosen yang tercantum di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi selain mengajar dan meneliti.

Karena itu, Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera melaksanakan PkM, merupakan agenda rutin yang dilakukan dosen selain kegiatan mengajar dan meneliti.

Dian Pratiwi, MT, Ketua Program Studi Teknik Sipil, menjelaskan, tujuan Kegiatan PkM ini adalah memberikan kesempatan bagi perguruan tinggi untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang dimiliki secara langsung. Implementasi ini dapat dimulai dengan memberi pengarahan, atau sosialisasi agar masyarakat mengetahui teknologi dan ilmu pengetahuan yang akan disampaikan.

Bersama masyarakat tersebut mulai diterapkan. Selain tujuan pengaplikasian ilmu pengetahuan di masyarakat kegiatan PkM membantu kepekaan Perguruaan Tinggi dalam menjawab permasalahaan yang ada di masyarakat sehingga kegiatan ini dapat mengasah kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau problem solving terkait permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, lanjut Dian Pratiwi, dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia melakukan kegiatan PkM program desa binaan di Pekon/Desa Banjarsari Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Kegiatan ini menghasilkan 2 produk Teknologi Tepat Guna.

Fokus utama dalam kegiatan ini diantaranya :
1. Pengadaan website desa
Kemajuan teknologi informasi tidak terlepas dari kehidupan kita saat ini tanpa terkecuali di daerah pedesaan. Agar dapat memberikan informasi dengan baik yang dapat diakses kapan saja perlu adanya sistem untuk mewujudkan hal tersebut diadakan kegiatan pengadaan website desa oleh tim desa binaan Universitas Teknokrat Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan desa dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam membangun sistem informasi desa berbasis web. Kegiatan tersebut dihadiri perangat desa yang ada di Balai desa selaku operator yang akan menjalankan sistem tersebut. Kegiatan pengadaan website desa ini meliputi pemberian pengetahuan mengenai website, pembuatan website dan pelatihan pengisian website desa. Kegiatan ini disambut baik oleh perangkat desa dikarenkan ketersediaan sistem informasi berbasis web ini sangat dibutuhkan saat ini.

2. Sosialisasi alat panen hujan, Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat program desa binaan selanjutnya yang dilakukan di Pekon Banjarsari yaitu, Sosialasi Alat Panen Hujan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya memanfaatkan air hujan sebagai alternaif sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan air yang dapat dimanfaatkan dimasa mendatang serta mencegah kelebihan limpahan air di musim penghujan yang dapat menyebabkan banjir.

Dian berharap, dengan kegiatan ini masyarakat Pekon Banjarsari dapat menyimpan air hujan untuk dimanfaatkan pada kebutuhan air rumah tangga non konsumsi seperti mencuci, menyiram tanaman dan sebagainya. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat pekon desa Banjarsari dengan sangat antusias, hal tersebut dibuktikan dengan adanya diskusi mengenai pemanenan air hujan yang memungkinkan diterapkan di Pekon Banjarsari tersebut.

Kegiatan PkM program desa binaan ini dilakukan oleh Tim PkM Desa Binaan Univesitas Teknokrat Indonesia yang beranggotakan Dian Pratiwi, MT, sebagai Ketua Program Studi Teknik Sipil, dan dosen UTI sebagai berikut ; Erliyan Redy Susanto, M.KoM., Jupriadi. MT, Neneng, M.Kom. Fera Lestari, MT., Fajar Dewantoro, M.Ars., Rio Aditomo, MT. Dan Mahasiswa dalam kegiatan PkM tersebut yakni Rendy Pratama (S1-Teknik Sipil), Wawan Kurniawan (S1-Teknik Sipil), Nyoman Yudha Satya Nuaba (S1-Teknik Komputer), Hafidh Danang Setiadi (S1-Teknik Komputer).

Apresiasi Kepala Pekon Banjarsari
Kegiatan ini terselenggara dengan adanya dukungan dari Universitas Teknokrat Indonesia yang turut mewujudkan keberlangsungan kegiatan PkM Program Desa Binaan. Menyadari ada banyaknya manfaat pengabdian masyarakat bagi dosen membuat para dosen perlu semangat untuk melaksanakannya. Selain adanya dukungan dari kampus, kegiatan ini tidak terlepas dari antusiasme dan penerimaan yang baik dari pihak Pekon Banjarsari baik kepala pekon, perangkat pekon dan masyarakat pekon Banjarsari.

Kegiatan ini diapresiasi oleh Kepala Pekon Banjarsari Topan Andri. Kapekon menyampaikan terimakasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau juga berharap PkM dapat dilanjutkan agar pekon Banjarsari lebih maju terutama dalam mengimplementasikan good governance. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed