oleh

Perusahaan Beri Apresiasi Mahasiswa PKL Universitas Teknokrat

Bandarlampung, Warta9.com – Sejumlah perusahaan di Bandarlampung mengapresiasi nahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Universitas Teknokrat Indonesia.

Sejumlah merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya program PKL UTI ini.

Untuk memberikan nilai lebih kepada para mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) sebagai Universitas terbaik Sumatera menyelenggarakan program PKL, sejumlah mahasiswa mengikuti program ini dalam setiap tahunnya.

Program PKL bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman serta memperluas wawasan mahasiswa mengenai dunia kerja, diharapkan dengan mengikuti program ini mahasiswa nantinya akan lebih siap terjun kedunia kerja serta memiliki daya saing yang tinggi di pasar tenaga kerja.

Menurut Dian Novita, SE., MM, Dosen UTI dan selaku Koordinator PKL di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknokrat Indonesia mengatakan program PKL ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan PKL dilaksanakan dalam 3 periode yaitu setelah semester genap, ganjil dan semester pendek.

Program PKL ini khususnya diperuntukan bagi mahasiswa semester IV, keikutsertaan mahasiswa dalam program ini menjadi wajib sebagai syarat untuk dapat menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan.

Dibekali Skill
Sebelum melaksanakan PKL, mahasiswa telah dibekali skill/ keterampilan yang juga menjadi syarat mahasiswa untuk dapat mengikuti PKL seperti penggunaan Aplikasi Komputer yang diperlukan di dunia kerja yaitu: microsoft office, myob dan juga sesain grafis selain itu keterampilan berkomunikasi dan kemampuan dasar pemasar serta keterampilan kesekretarisan seperti surat menyurat, dokumentasi data, mengatur rapat, dll. juga harus sudah dikuasai oleh mahasiswa, selain itu mahasiswa yang akan PKL juga mendapatkan pembekalan mengenai dunia kerja baik dari pihak internal maupun ekternal.

Untuk PKL periode semester ganjil kemarin, mahasiswa mendapatkan motivasi dunia kerja dalam acara tersebut mahasiswa memperoleh wawasan mengenai dunia kerja yang diharapkan mahasiswa dapat lebih siap untuk melaksanakan PKL.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknokrat Indonesia Dr. Mahathir Muhammad, SE., MM., mengatakan, pelaksanaan PKL mahasiswa ini bukan hanya sekedar masalah akademik atau untuk memenuhi SKS saja. Namun yang lebih penting adalah untu Meningkatan kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi sosial di dunia kerja sehingga mereka dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa dari teori yang telah didapatkan selama masa perkuliahan di kampus.

Periode PKL semester ganjil yang di mulai sejak November 2021 baru saja berakhir pada Januari 2022, dalam periode PKL ganjil ini ada sekitar 100 lebih mahasiswa program studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi yang mengikuti PKL dan melibatkan sebanyak 61 mitra perusahaan yang terdiri dari intansi pemerintah, perusahaan swasta maupun BUMN.
Sebagian besar mitra perusahaan baik instansi pemerintah maupun BUMN atau perusahaan swasta yang telah menerima mahasiswa PKL dari Universitas Teknokrat merasa sangat puas dengan kinerja mahasiswa selama melaksanakan PKL.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandarlampung Ir. Akhmad Nasrudin, sangat mengapresiasi keberadaan mahasiswa PKL dari Universitas Teknokrat Indonesia. Dia berharap agar kerja sama antara UTI dan BPS tidak hanya terbatas pada kegiatan PKL saja, tapi dapat diperluas lagi dalam bidang kerja sama lainnya yang dapat memberikan manfaat pada kedua belah pihak yakni UTI dan juga BPS. Selain BPS, Badan Usaha Logistik (BULOG) dan PT PLN juga menyampaikan hal yang sama bahwa mereka merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya program PKL UTI ini. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed