Gubernur Arinal Djunaidi Resmikan 31 SMK Pusat Keunggulan se-Provinsi Lampung di SMKN 3 Kotabumi

Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Bupati Lampura Budi Utomo meresmikan SMK Pusat Keunggulan se-Provinsi Lampung. (foto : ist)

Lampung Utara, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi meresmikan 31 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan se-Provinsi Lampung. Peresmian 31 SMK Pusat Keunggulan dipusatkan di SMKN 3 Kotabumi, Lampung Utara, Kamis (20/01/2022).

Pembangunan SMK Pusat Keunggulan ini telah dilakukan sejak 1 Maret 2021 melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, dan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang penyelenggaraan Program SMK Pusat Keunggulan.

Menurut Gubernur, pertimbangan didirikannya SMK Pusat Keunggulan karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat. Dalam satu dekade terakhir, khususnya perkembangan teknologi digital telah berimplikasi pada perubahan dratis pada gaya hidup dan cara kerja, ini merupakan Revolusi Industri 4.0.

Begitu hebatnya Revolusi Industri 4.0 mendisrupsi dunia. Berbagai disrupsi ini menciptakan budaya, kebiasaan dan bahasa baru serta cara kerja dan gaya hidup yang lebih efisien.

“Hal tersebut merupakan gambaran tentang tantangan kita ke depan dalam menyongsong era smart society 5.0, bagaimana menciptakan SDM Indonesia yang Technology Minded, SDM Indonesia yang mampu mentranslate dan menjawab tantangan dengan teknologi yang memudahkan,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur mengatakan, pemerintah juga memberi bantuan fasilitasi kepada SMK-PK tersebut, 29 SMK Negeri dan Swasta, dan 2 SMK Industri. SMK-PK di Kabupaten Lampung Utara yang mendapatkan bantuan adalah SMKN 3 Kotabumi dan SMKN 1 Abung Selatan.

Karena itu, Gubernur Arinal Djunaidi berharap lulusan SMK dapat mendukung pengembangan hilirisasi pengolahan hasil pertanian, pengembangan pariwisata, pengembangan UMKM, pengembangan kegiatan jasa dan perdagangan.

Gubernur Arinal Djunaidi juga menyampaikan berbagai program unggulan untuk meningkatkan sektor Pendidikan di Provinsi Lampung, yaitu antara lain adalah diluncurkannya Program Smart School pada tanggal 16 Desember 2019, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis teknologi.

Hal ini untuk menjawab tantangan perubahan paradigma pendidikan di era digital. Sebagai apresiasi terhadap para guru honor yang juga merupakan bagian dari Program Smart School, telah diberikan “Kartu Pendidik Berjaya” kepada guru-guru honor se-Provinsi Lampung.

“Saya mengucapkan selamat kepada 31 SMK Pusat Keunggulan yang telah diresmikan, dan mendapatkan bantuan, semoga dengan ditetapkannya sebagai sekolah Pusat Keunggulan, dapat menambah produktivitas dalam hal orestasi, dan dapat mencetak siswa/i yang memiliki kemampuan, SMK BISA,” ujar Arinal.

Kunjungan kerja Gubernur dilanjutkan dengan penandatanganan dan pengguntingan pita peresmian Gedung Pusat Keunggulan Teknik Pemesinan SMKN 3 Kotabumi. Lalu, Gubernur Arinal beserta rombongan meninjau bengkel Teknik Pemesinan SMKN 3 Kotabumi dan peninjauaan Stand Pameran dari 26 SMK Negeri dan Swasta se-Provinsi Lampung.

Kunjungan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi disambut Bupati Lampung Utara Budi Utomo, SE, MM, anggota Forkopimda Lampung Utara, serta didampingi sejumlah Kepala OPD Provinsi Lampung. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.