Kolaborasi dengan BPIP, Anggota DPRD Lampung Ikuti Bimtek IP-WK

Pimpinan Dewan dan anggota DPRD Lampung mengikuti Bimtek Pembinaan IP-WK. (foto : ist)

Jakarta, Warta9.com – Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Lampung mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IP-WK), di Ballroom Harris Vertu Jakarta, yang telah berlangsung, Rabu – Sabtu (19-22/1/2022).

Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, SH, MH, mengatakan, kegiatan bimtek ini berkolaborasi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Ke depan, kata Mingrum, DPRD Lampung bersama BPIP akan terus meningkatkan sinergitas pembekalan pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi anggota DPRD Lampung. “Strategisnya kedudukan Pancasila sebagai dasar pemersatu bangsa harus terus digaungkan dengan melakukan sejumlah penyesuaian dengan metode-metode kekinian agar dapat dengan mudah diserap dan diterima oleh setiap kalangan,” jelas Mingrum Gumay.

Mingrum juga menyebutkan DPRD mempunyai kewajiban dalam melakukan sosialisasi pentingnya nilai–nilai Pancasila dalam penerapan kehidupan sehari-hari. “Saya selalu katakan kepada teman-teman di DPRD, dalam rangka membangun dan memastikan penerapan pancasila di masyarakat serta untuk melakukan indoktrinasi wawasan kebangsaan harus menyesuaikan tempat. Kalau bicara sama anak muda, gunakan bahasa anak muda. Kalau bicara untuk kalangan yang sudah memasuki usia tua, gunakan bahasa yang mudah dimengerti, atau gunakan kearifan lokal, itu juga bisa,” kata Mingrum.

Mingrum juga berharap, setelah kegiatan ini selesai ada serapan yang bisa digunakan untuk diteruskan dan di informasikan kepada masyarakat Lampung. “Provinsi Lampung mempunyai keistimewaan dan keragaman serta mempunyai latar belakang perbedaan daerah asal yang cukup besar, untuk itu adanya sikap toleransi, saling menghargai dan menghormati satu sama lain semuanya terkandung dalam nilai-nilai pancasila, kita bertanggung jawab akan hal itu,” pungkas Mingrum.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Lampung Hj. Ririn Kuswantari, S.Sos, MH, dalam penyampaian pesan dan kesan mengatakan, banyak ilmu dan wawasan yang bisa diupdate selama tiga hari mengikuti Bimtek pembinaan IP-WK.

Ririn juga mengatakan, dengan telah mengikuti kegiatan ini, anggota Dewan bisa menjadi narasumber untuk mentransfer nilai-nilai Ideologi Pancasila kepada masyarakat Lampung. Apa yang dilakukan anggota Dewan dengan mengikuti Bimtek IP-WK bukti kecintaan kepada tanah air dan bangsa.

Selain kata Ririn, ada sisi lain dari kegiatan ini, dimana biasanya anggota Dewan selalu serius dalam kegiatan di Dewan, selama mengikuti kegiatan IP-WK bisa tertawa bercanda ria, karena ada materi yang disampaikan narasumber dengan metode bermain.

Sejumlah ahli memberi materi dalam Bimtek Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan anggota DPRD Lampung yaitu; Kepala BPIP Prof KH. Yudian Wahyudi, Deputi Diklat Beby Jim Aditya, Wakil Ketua MPR Dr. Ahmad Basarah, Deputi Prof Adji Samekto, Dir. H. Sahlan, MSi, Dir. Sadono Sriharjo, MM, Dir. Heri Hermawan, MSi, Ken Setiawan (NII Crisis Centre), La Mimi, MSi, Romo Antonius, Marthalina Trijayanti, MPsi, Dr. Ajriani. (W9-jam)

banner 300250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.