211 Jamaah Calon Haji Tubaba Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Panaragan, Warta9.com Sebanyak 211 jamaah calon haji asal Kabupaten Tulangbawang Barat yang akan diberangkatkan pada tahun 1439H/2018M, mengikuti bimbingan manasik haji. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari dimulai tanggal 10 hingga 11 Juli 2018.

Kepala Kantor Kementrian Agama Tulangbawang Barat H. Sedarno Spd, mengatakan kegiatan manasik merupakan upaya pembinaan dan pembekalan kepada jamaah calon haji.

“Hal tersebut untuk menambah, dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan ibadah haji sehingga apa yang dilaksanakan nantinya tidak akan sia-sia,” ucapnya.

Dikatakan, bimbingan manasik haji ini sangat penting dilaksanakan agar jamaah calon haji bisa menguasai semua petunjuk, dan ketentuan tentang keabsahan haji. “Kalau ketentuan tersebut tidak diikuti, maka ibadah haji tidak sah, dan semua pengorbanan jamaah akan sia-sia,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, jumlah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 2018 ini sebanyak 211 orang. “Jumlah itu terdiri dari 108 calon haji laki-laki, dan 103 calon haji perempuan,” jelasnya.

Sementara Bupati Tulangbawang Barat H. Umar Ahmad, SP, pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada seluruh calon jamaah haji Kabupaten Tulangbawang Barat yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

“Kita mengharapkan kepada calon jamaah haji agar menyiapkan diri, baik persiapan fisik maupun mental,” ujar Bupati.

Disamping itu juga harus memahami tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga para calon jamaah dapat menunaikan ibadah haji sesuai ketentuan syariat Islam, dan dapat mengerjakan seluruh syarat, serta rukun dengan sempurna.

Untuk itu ia berpesan kepada para jamaah calon haji asal Tubaba agar dapat mengikuti bimbingan manasik haji ini dengan baik sehingga petunjuk, dan ketentuan tentang haji bisa dilaksanakan dengan baik pada saat melaksanakan ibadah haji. “Ikuti manasik sesuai petunjuk tentang hai,” tukasnya.

Acara bimbingan manasik haji yang berlangsung, Selasa (10/7) di Islamik Center kabupaten setempat tersebut dihadiri Bupati Umar Ahmad, Kapala Kemenag Tubaba H. Sedarno Spd, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Lampung dan 211 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 1439 Hijriyah atau 2018 ini. (W9-Joni)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.