oleh

50 Persen, Pekon di Pesibar Terapkan Aplikasi Siskeudes  

Pesibar, Warta9.com – Maksimalkan laporan keuangan pekon (Desa), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Pesibar luncurkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Edwin Kastolani mengatakan keberadaan aplikasi Siskeudes untuk memudahkan pekon (desa) dalam menyampaikan laporan dalam penyusunan Anggaran pendapatan dan belanja Desa (APBDes).

“Pemanfaatan aplikasi Siskeudes ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan pelaporan keuangan pekon agar lebih cepat sehingga pada tahun 2022 mendatang kita tidak tertinggal dari Kabupaten lainnya,” jelas Edwin saat di konfirmasi, Senin, (13/12/2021).

Edwin mengatakan hingga kini dari 116 pekon yang menggunakan aplikasi Siskeudes tersebut baru 50 persen yang telah bisa login dan memanfaatkan aplikasi Siskeudes secara maksimal.

“Artinya bimbingan rutin tetap ada sehingga untuk memaksimalkan operator di seluruh pekon (desa) dalam menjalankan tugasnya kita tetap arahkan sampai mereka paham bagaimana cara penggunaan aplikasi tersebut dengan baik dan benar,” tambahnya.

Ia melanjutkan dalam penerapan nya DPMP bekerjasama dengan Diskomiinfo sebagai fasilitator dan sebagai penyedia server juga sebagai langkah agar aplikasi Siskeudes tersebut lebih terkontrol.

“Sehingga untuk keamanan data pekon bisa lebih terjamin karena bisa langsung di pantau oleh Diskominfo Pesisir Barat sebagai pemilik server, karena yang bisa mengakses hanya operator pekon tidak semua orang bisa membuka,sehingga kerahasiaan data bisa terjamin keamanan nya.” jelasnya.

Edwin berharap dengan adanya aplikasi ini laporan keuangan dari pekon bisa lebih maksimal dari tahun sebelumnya, “Baik laporan penyaluran BLT-DD, serta laporan keuangan lain nya,” pungkasnya. (Eva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed