oleh

57 Kepala Desa Terpilih di Mesuji Dilantik

Bupati Saply memimpin pelantikan 57 Kepala Desa Terpilih.

Mesuji, Warta9.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji melaksanakan Pelantikan 57 Kepala Desa Terpilih. Kegiatan digelar dilokasi Gedung Serbaguna (GSG) Taman Kehayati Mekar Sari Tanjung Raya, Mesuji, Kamis (18/11/21).

Turut hadir, Wakil Bupati Mesuji, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretais Daerah, Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji, Pimpinan Instansi Vertikal, Segenap Jajaran Frokopimda, Frokopimcam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, 57 Kepala Desa yang akan dilantik serta Tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan pelantikan terhadap 57 Orang Kepala Desa Terpilih tersebut berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014, PP Nomor 23 Tahun 2014, Permendagri Nomor 112 Tahun 2014, Perda Nomor 3 Tahun 2015, Perbup Nomor 20 Tahun 2021 serta SK Bupati Mesuji Nomor B/309/1.02/HK/MSJ/2021.

Bupati Mesuji H. Saply TH,. dalam sambutannya menyampaikan, berbagai tahapan-tahapan pilkades yang dilalui merupakan sebagai sebuah perwujudan demokrasi masyarakat desa yang telah dilaksanakan dengan tertib, baik, dan aman. Meskipun tidak dapat dipungkiri, kendala itu tetap ada, tapi masih dalam ambang kewajaran proses demokrasi.

Untuk itu, ia mengajak Kepala Desa terpilih tidak hanyut pada euforia kemenangan saja. Tetapi untuk segera mempelajari aturan-aturan hukum terkait dengan pelaksanaan tugas sebagai kepala desa sehingga dapat langsung melaksanakan tugas, dengan mengacu RPJMDes, yang memuat visi-misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program, serta dilaksanakan secara partisipatif melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.

Lanjutnya, pemerintah desa sebagai unsur terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif dan efisien, tentunya mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting.

Seiring perkembangan teknologi dan juga dinamika dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah desa dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat. Pemerintah desa menjadi salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah.

Dengan demikian, keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah sangat ditentukan pula oleh keberhasilan kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Atas nama pribadi, masyarakat, Pemerintah Kabupaten Mesuji, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan Pilkades 2021, serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Kepala Desa yang memasuki masa purna bhakti, atas jasa dan pengabdiannya selama memimpin,” ujarnya.

“Perkenankan saya untuk mengucapkan selamat kepada para Kepala Desa yang hari ini dilantik. Dengan harapan, semoga pelantikan hari ini dapat menjadi sebuah awal pengabdian diri kepada bangsa, negara dan warga masyarakat desa pada khususnya, demi terwujudnya kesejahteraan untuk semua masyarakat desa,” pungkasnya.

Usai sambutan, Bupati Mesuji didampingi Wakil Bupati dan Kadis DPMD Mesuji melaksanakan Pelantikan Kepada 57 Kepala Desa terpilih dengan menyematkan Pining Kebesaran bertanda bahwa hari ini Kepala Desa terpilih resmi menjabat sebagai Kepala Desa diwilayahnya masing-masing. (San)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed