Aktivis Senior Banyuwangi Minta Forpimda Peduli Kades Sumberagung

Banyuwangi, Warta9.com – Aktivis LSM, Ir Eko Sukartono, meminta Forpimka Pesanggaran dan Forpimda Banyuwangi lebih tanggap dan hadir demi masyarakat Desa Sumberagung. Jika tetap tidak bersedia hadir, maka sebagai sesama kader PDI P Banyuwangi, dia mengaku akan hadir untuk Kades Sumberagung, Vivin Agustin.

Permintaan itu diutarakan, menyusul banyaknya demontrasi akibat terbitnya Surat Rekomendasi Pencabutan Izin Tambang Emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Selain itu pada Kamis, 28 November 2019, Kades Sumberagung, Vivin Agustin menbatalkan surat dengan nomor : 540/249/429.515.02/19.

Menurutnya, permintaan tersebut bukan tanpa alasan. Langkah itu, katanya, sangat penting dilakukan menyusul adanya sejumlah aksi demonstrasi terhadap Kepala Desa (Kades) Sumberagung, Vivin Agustin.

“Baik Forpimka Pesanggaran, maupun Forpimda Banyuwangi, harus bisa hadir, karena jika dibiarkan kegaduhan bisa makin meluas,” katanya, Sabtu (7/12/2019).

Bahkan dalam surat pencabutan tersebut Kades Vivin dengan gamblang menegaskan bahwa yang membuatnya nekad menandatangani Surat Rekomendasi Pencabutan Izin Tambang Emas PT BSI, karena adanya faktor tekanan dan paksaan kelompok tolak tambang.

Dia menyadari apa yang dilakukan telah melampaui kewenangan serta menabrak sejumlah Undang-Undang. Karena itulah Vivin akhirnya menerbitkan surat pencabutan atas surat No : 540/247/429.515.02/19 tersebut.

“Yang dilakukan Kades Sumberagung ini sangat beresiko, maka baik Forpimka Pesanggaran maupun Forpimda Banyuwangi, harus bisa hadir. Apalagi ini demi menyelamatkan aset seluruh rakyat Banyuwangi, berupa saham di PT BSI,” ungkap Eko Sukartono.

Apalagi, lanjut sesepuh PDI P Banyuwangi ini, massa yang belakangan menggelar demonstrasi terhadap Kades Sumberagung, Vivin Agustin, diduga digerakan oleh oknum dari luar desa.

Maka kehadiran Forpimka Pesanggaran dan Forpimda Banyuwangi, sangat penting guna menyelamatkan masyarakat kalangan Wong Cilik. Baik dari indikasi udaha penghasutan, maupun provokasi pihak tak bertanggung jawab.

“Jika tetap tidak hadir, kami yang akan hadir untuk Kades Sumberagung. Karena kades adalah saudara kami, sesama kader PDI P Banyuwangi,” cetus Eko Sukartono, terkait sejumlah demontrasi terhadap Kades Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Vivin Agustin. (W9-Yoga)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.