Anggota BPBD Lampura Lakukan Simulasi Tanggap Bencana

Kotabumi, Warta9.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Utara (Lampura), melakukan simulasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. Simulasi dalam pemasangan tenda pengungsi tersebut, digelar di halaman BPBD setempat, Kamis (6/9/2018) dan melibatkan anggota TNI.

Kepala BPBD, Karim SR, mengatakan simulasi pemasangan tenda tersebut merupakan kegiatan rutinitas kesiagan personil tanggap bencana. ”Melatih personil tanggap bencana agar professional seperti halnya melakukan pemasangan tenda pengungsi dan tenda keluarga,” ujar Karim.

Dijelaskannya, dalam simulasi itu personil tanggap bencana diharuskan memasang tenda pengungsi dengan tempo 15 menit. ”Untuk kapasitas tenda pengungsi disesuaikan dengan jumlah maksimal masyarakat korban bencana dengan fasilitas yang lengkap baik dari hal karpet, tikar, selimut dan makanan siap saji serta air bersih,” jelasnya.

Dia juga menerangkan Kabupaten Lampung Utara memiliki dua unit tenda pengungsi dan enam unit tenda keluarga. ”Jika terjadi bencana tentunya BPBD akan bekerjasama dengan instansi terkait seperti TNI dan Polri,” tukasnya. (Rozi/van)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.