oleh

Anggota DPR RI Hanan Rozak Bersama BPTP Lampung Gelar Bimtek Komoditas Tanaman Pangan di Mesuji

Anggota DPR RI Hanan A Rozak menyampaikan sambutan pada Bimtek tanaman pangan kepada petani Mesuji. (foto : ist)

Mesuji, Warta9.com – Anggota Komisi IV DPR RI Ir. H. Hanan A Rozak, MS, bekerjasama dengan Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian melalui unit kerjanya, BPTP Lampung, mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) komoditas tanaman pangan di Desa Sungai Badak dan Sidomulyo Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji, Senin (25/10/2021).

Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A. Rozak, mengatakan, Bimtek sebagai upaya untuk memastikan pasokan pangan di Kabupaten Mesuji Lampung, Bumi Ragab Begawe Caram dan wilayah sekitarnya,

Hanan Rozak juga mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) melaui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan untuk menghasilkan benih maupun bibit unggul khususnya pada tanaman agro ekosistem rawa reklamasi.

“BPTP hendaknya terus melakukan riset untuk mengembangkan benih- benih unggul lokal spesifik lokasi. Penyediaan benih dan bibit unggul ini penting dilakukan sebagai upaya bersama dalam meningkatkan produksi pertanian,” ujar Hanan Rozak mantan Bupati Tulangbawang ini.

Menurut anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar ini, Bimtek atau kegiatan sejenisnya perlu dilakukan secara berkesinambungan. Sebagai upaya untuk memastikan pasokan pangan.

“Pendampingan kelompok tani maupun petani dalam bentuk sosialisasi, bimtek dan pelatihan lainnya perlu dilaksanakan secara berkesinambungan dimasa yang akan datang,” kata Hanan.

Menurut Hanan, hal ini untuk memastikan program Kementerian Pertanian di tingkat lapangan berdaya guna dan berhasil guna untuk mewujudkan peningkatan pendapatan sekaligus kesejahteraan petani.

Sementara itu, Kepala BPTP Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si. menyampaikan bahwa Balitbangtan sudah memiliki teknologi terkait budidaya padi di lahan rawa, diantaranya varietas unggul baru (VUB) padi, uji cepat kualitas tanah rawa dan teknologi lainnya.

Sedangkan Bupati Mesuji yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Drs. Syahril mengharapkan kegiatan Bimtek dapat meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh di Mesuji, menjadi kreatif dan inovatif. “Bimtek ini diharapkan menjadi sarana transfer informasi dan teknologi pertanian untuk mendukung percepatan kemajuan pertanian di Mesuji,” kata Syahril.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pertanian Mesuji, Pariman, SP mengapresiasi  kinerja dan dukungan Anggota Komisi 4 DPR RI, Ir. Hanan A. Rozak,  MS dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat petani di Mesuji.

Bimtek ini diikuti oleh ratusan petani yang mewakili kelompok tani di Kabupaten Mesuji dengan Pemateri dari BPTP Lampung yang memberikan materi tentang: Pengenalan varietas unggul baru (VUB) Balitbangtan, Teknologi Budidaya Padi Rawa, Teknologi pengelolaan tanah dan air, Pemupukan Berimbang, Teknologi Kalender Tanam (Katam) dan Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR), Integrasi Padi dan Ternak, Pengendalian Hama dan Penyakit Utama Tanaman Padi, serta Kelembagaan dan Pemasaran Hasil. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed