oleh

Anggota DPR RI Hanan Rozak Fasilitasi Pelatihan Penggerak Pembangunan Pertanian Desa Mandiri di Tulangbawang

Anggota DPR RI Hanan A Rozak mengalungkan tanda peserta kepada peserta pelatihan penyuluhan penggerak pembangunan pertanian Fesa Mandiri. (foto : tng)

Tulangbawang, Warta9.com – Anggota Komisi IV DPR RI Ir. Hanan A. Rozak, MS, tak hanya membantu petani dengan Alsintan dan bantuan fasilitas sektor pertanian. Tapi anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar ini juga memfasilitasi Pelatihan Penyuluhan Penggerak Pembangunan Pertanian Desa Mandiri.

Hanan A Rozak membuka langsung pelatihan
Penyuluhan Penggerak Pembangunan Pertanian Desa Mandiri, dengan menerapkan protokol kesehatan dilaksanakan di Hotel Leman, Banjar Agung, Tulangbawang, Sabtu (21/08/2021).

Pelatihan diikuti oleh perwakilan Pemerintah Kampung dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari 25 Kampung yang berbasis persawahan di beberapa Kecamatan di Tulangbawang.

Menurut Hanan Rozak, salah satu alasan pelatihan ini dilaksanakan agar Gapoktan maupun Kelompok Tani (Poktan) dan pemerintah kampung bersama – sama mensukseskan dan memaksimalkan berbagai program bantuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

“Kepala Desa atau Kepala Kampung merupakan tokoh yang dipilih secara demokratis dan dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin mereka. Demikian juga Gapoktan merupakan wadah berhimpunnya para petani di Desa. Sinergitas kedua unsur ini akan mempercepat pembangunan pertanian di masing-masing Kampung,” kata Hanan

“Melalui pelatihan ini diharapkan Pemerintah Kampung dan Gapoktan menjadi unsur utama Penggerak Pembangunan Pertanian di Desa secara Mandiri,” lanjut Hanan

Di tempat yang sama Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung, Dr. Abdul Roni Angkat, STP, MSi, menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan penggerak pembangunan pertanian desa untuk mendukung terciptanya petani yang maju, mandiri dan modern.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Tulangbawang, Ir. Nurmansyah, menyampaikan apresiasi kepada Anggota DPR RI Hanan A Rozak yang bantu membantu petani di Tulangbawang.

“Dalam empat bulan terakhir, Bapak Hanan Rozak telah menyalurkan banyak sekali bantuan berupa Alsintan pra- tanam, pasca panen, hortikultura, peternakan dan kawasan bawang, cabai serta sayuran,” kata Nurman.

Nurman merasa bangga mempunyai wakil rakyat di DPR RI Hanan A Rozak. Sebab, baru kali ini Anggota DPR RI yang rajin turun langsung bertemu dengan kelompok tani di kampung-kampung untuk menerima informasi dan aspirasi dari masyarakat. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed