oleh

Anggota DPR RI Lodewijk F Paulus Realisasikan Bantuan Internet Gratis di Lampung Selatan

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Selatan, M. Sefri Masdian, melakukan monitoring bantuan internet desa, di Desa Banjar Agung, Kecamatan Jatiagung program aspirasi anggota DPR RI Lodewijk F Paulus. (foto : ist)

Lampung Selatan, Warta9.com – Anggota Komisi I DPR-RI dari Fraksi Golkar Letjen TNI (pur) Lodewijk F Paulus melalui Program Aspirasi, merealisasikan bantuan internet desa di Kabupaten Lampung Selatan.

Melalui program aspirasi anggota DPR RI Lodewijk F Paulus pada tahun 2021, ada lima titik jaringan WiFi gratis tersebar di Lamsel yaitu ; di Desa Sri Katon, Desa Bumi Asih, Desa Banjar Agung, Desa Palas dan Desa Sidomukti.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Selatan, M. Sefri Masdian, melakukan monitoring bantuan internet desa, di Desa Banjar Agung, Kecamatan Jatiagung, Minggu (29/8/2021).

Sefri Masdian menjelaskan, bantuan WiFi gratis tersebut berasal dari Badan Aksesbilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) yang berstatus sebagai Badan Layanan Umum di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yang pengalokasiannya di upayakan oleh Anggota Komisi I DPR-RI dari Fraksi Golkar, Lodewijk F Paulus melalui Program Aspirasi.

Pada kesempatan itu, Sefri yang didampingi Pj. Kepala Desa Banjar Agung, Handayani, Kaur Perencanaan, Agus, melakukan peninjauan langsung internet desa yang menggunakan teknologi satelit yang sudah terpasang sejak Rabu, 25 Agustus 2021.

“Perangkatnya sudah dipasang pada Rabu yang lalu, tetapi belum selesai, sehingga signal yang dihasilkan masih agak lemot. Nanti penyedia yang memasang WiFi akan kembali lagi untuk penyempurnaan sehingga menghasilkan signal yang baik,” ujar Handayani.

Sefri terus melakukan koordinasi dengan petugas penyedia agar WIFI ini bisa digunakan secara maksimal. Di Desa Sri Katon, Kecamatan Tanjung Bintang, yang juga mendapatkan bantuan WiFi gratis signalnya sudah baik dan cepat dalam mengakses internet.

Lebih lanjut Sefri Masdian menjelaskan, bahwa internet desa yang terpasang di Desa Banjar Agung maupun desa lainnya yang mendapatkan bantuan, bukan menjadi milik desa atau milik Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, akan tetapi tetap menjadi milik BAKTI Kominfo Pusat. Oleh karenanya, Sefri meminta agar aparat desa serta masyarakat turut menjaga barang tersebut (perangkat WIFI, red) agar dapat berfungsi secara maksimal dan bermanfaat untuk masyarakat.

Sebab, lanjut Sefri, jika aparat desa maupun masyarakatnya tidak dapat menjaga dan memanfaatkan WiFi ini dengan baik, bukan tidak mungkin jaringan internet gratis ini akan di pindah ke desa lain. “Karena itu, manfaatkan bantuan ini dengan baik. Tidak semua desa mendapatkan bantuan WiFi secara gratis. Jika desa ini tidak dapat memanfaatkan WiFi secara maksimal, bukan tidak mungkin wifi akan dipindahkan ke desa lain,” jelas Sefri.

Ia menamvahkan, keberadaan internet ini untuk membantu kelancaran pemerintah desa dalam hal penggunaan akses internet. Manfaatkan untuk keperluan administrasi pemerintahan desa, buatlah website desa untuk membantu mempromosikan semua potensi yang dimiliki desa ini.

Pada kesempatan itu, Sefri juga mengucapkan terima kasih kepada Anggota Komisi I DPR-RI dari Fraksi Golkar sekaligus Sekjen Partai Golkar, Lodewijk F Paulus yang telah mengupayakan bantuan Wifi gratis di Lampung Selatan.

“Atas nama aparatur desa maupun masyarakat desa yang mendapatkan bantuan wifi gratis, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anggota Komisi I DPR-RI dari Fraksi Golkar yang juga sebagai Sekjen Partai Golkar, Bapak Lodewijk F Paulus atas bantuannya dalam mengupayakan WiFi secara gratis di desa kami,” ujar Sefri.

“Semoga bantuan yang diberikan bapak Lodewijk F Paulus dapat bermaanfat untuk pemerintahan desa penerima bantuan, dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar, serta dapat membantu program pengembangan digitalisasi pemerintah, baik untuk tingkat desa, untuk sekolah, untuk fasilitas kesehatan terutama dipuskesmas yang saat ini lebih dominan untuk penanganan covid-19, baik itu data BPJS, maupun data vaksinasi,” pungkas Sefri.

Ucapan yang sama juga disampaikan oleh
Pj. Kepala Desa Banjar Agung, Handayan. Atas nama masyarakat dia juga mengucapkan terimakasih atas bantuan jaringan internet gratis di desanya melalui program aspirasi anggota DPR RI Lodewijk F Paulus. Sebagai pamong dia akan menjaga bantuan ini agar bermanfaat bagi masyarakat. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed