Anggota Koramil 412-05 Kodim Lampura Basmi Hama Tikus

Kotabumi, Warta9.com – Berbagai upaya dilakukan TNI dalam membantu petani, agar para petani dapat memperoleh hasil panen yang melimpah.

Hasil panen yang melimpah ditentukan beberapa faktor diantaranya, bibit padi yang unggul, pola tanam tepat waktu, pengairan yang memadai, ketersediaan pupuk yang cukup, serta ketersediaan obat hama yang cukup.

Dalam upaya peningkatan hasil panen yang melimpah anggota Koramil 412-05/TBU bersama petani melaksanakan pemberantasan hama tikus, dengan cara gropyokan atau berburu tikus hingga di lubang persembunyian dengan menggunakan mercon tikus, Selasa (1/5/2018), di Tiyuh Dayah Sakti Lampung Utara.

Dengan membawa peralatan berburu tikus seperti mercon tikus, alat jos pembakar belerang, pentungan, arit dan lain sebagainya.

Alat cerobong dimasukan ke dalam lubang tikus, kemudian mercon dimasukan ke dalam cerobong tersebut, sehingga asapnya akan masuk ke dalam lubang tikus, kegiatan ini terbukti efektif membunuh tikus yang bersembunyi di dalam lubang.

“Gerakan pemberantasan hama tikus atau gropyok tikus yang dilaksanakan merupakan usaha awal yang harus dilaksanakan secara berkesinambungan. Sebab hama tikus tidak bisa dibasmi secara tuntas dalam satu hari saja. Namun, dalam jangka waktu yang lama dan ini pun hanya mengurangi populasinya saja, mengingat satu pasang tikus dapatberkembangbiak kurang lebih 500  tikus selama satu tahun. Setiap hari sebetulnya para petani sudah melakukan perburuan terhadap hama tikus, yakni dengan cara memberi umpan racun dan perburuan dengan cara lain, namun sifatnya hanya perorangan,” ujar Danramil 412-05/TBU Kapten Inf  Gus Amirul Amin.

Turut hadir dan ikut serta pada kegiatan pemberantasan hama tikus atau gropyok tikus,  paraBabinsa Tiyuh, Petugas PPL, Gapoktan Desa Kebocoran dan para penggiat pertanian lainnya. (W9-jam/ars)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.