Antisipasi Kepunahan Ikan Jelawat di Tulang Bawang, Wabup Hendriwansyah Lepas 150 Ribu Bibit Ikan Jelawat

IKAN JELAWAT, atau yang dikenal oleh masyarakat Tulang Bawang (Tuba) Lampung sebagai Ikan JELABAT, namun sayangnya, di Tulang Bawang Lampung sudah mendekati kepunahan.

Ikan bersisik dan mirip dengan ikan mas ini konon banyak dijumpai di aliran sungai Tulangbawang. Ketika banjir tiba dan air sungai meluap, maka ikan tersebut akan memasuki rawa-rawa yang berada di sekitar aliran sungai.

Wakil Bupati Tulang Bawang Lampung Hendriwansyah didampingi Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi Ir. Ahmad Jauhari Pamungkas, M.Si, Kepala Dinas Perikanan Puncak Stiawan, SP, MM, Ketua DPRD Sopi,I, SH, saat melepas ikan jelaba/jelabat di aliran Sungai Way Tulang Bawang di Kawasan Tangga Raja, Kelurahan Ujung Gunung, Kecamatan Menggal, Senin (30/4/2018).

Untuk mempertahankan habitat ikan tersebut Pemerintah Tulang Bawang dibawah kepemimpinan Hj. Winarti dan Wakilnya Hendriwansyah berupaya untuk menpertahankan keberadaan ikan tersebut, upaya itu dibuktikan dengan melepas 150 ribu ekor bibit Ikan Jelawat/Jelabat di Aliran Sungai Kawasan Tangga Raja, Kelurahan Ujung Gunung, Kecamatan Menggala Tulang Bawang, Senin (30/4/2018).

Pelepasan oleh Wabup Tulang Bawang Hendriwansyah didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan Puncak Stiawan, SP, MM, Ketua DPRD Sopi, I, SH, anggota DPRD. Novi Marzani, Kasimin, Kepala OPD dan  anggota Forkopimda serta Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi Ir. Ahmad Jauhari Pamungkas, M.Si.

Wakil Bupati Tulang Bawang Lampung Hendriwansyah bersama Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi Ir. Ahmad Jauhari Pamungkas, M.Si, Kepala Dinas Perikanan Puncak Stiawan, SP, MM, Ketua DPRD Sopi,I, SH, anggota DPRD Novi Marzani dan Kasimin, pada acara pelepasan Ikan Jelawat, Senin (30/4/2018).

Pelepasan bibit ikan yang dilepas itu, merupakan hasil  kerjasama Pemkab Tulang Bawang bersama dengan Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi.

“Pelepasan bibit ikan ini untuk mengatasi kepunahan ikan jelabat di Tulangbawang, karena belakangan ini sudah sangat jarang  terlihat dijual dipasar Menggala, sehingga Restocking benih ikan  ini diharapkan mampu meningkatkan stok populasi ikan jelabat di perairan umum di wilayah Sungai Way  Tulang Bawang.

Wakil Bupati Tulang Bawang Lampung Hendriwansyah berbincang dengan Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi Ir. Ahmad Jauhari Pamungkas, M.Si, sebelum dilakukannya pelasan ikan jelabat di aliran Sungai Way Tulang Bawang sekitar Tangga Rajo Menggala, Senin (30/4/2018).

Hendriwansyah berharap, ikan yang di lepas hari ini akan berkembang biak dan akan masuk ke anak–anak sungai  juga ke rawa-rawa di sepanjang aliran sungai.

Untuk itu, Hendriwansyah mengajak dan menghimbau seuruh masyarakat agar dapat menjaga dan memelihara ekosistem air sungai. Karena kesadaran menjaga ekosistem air ini tidak hanya datang dari Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, namun kesadaran ini timbul dari hati nurani masyarakat itu sendiri. (ADV).

Wakil Bupati Tulang Bawang Lampung Hendriwansyah beserta Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi Ir. Ahmad Jauhari Pamungkas, M.Si dan Ketua DPRD Sopi, I saat menuju kawasan Tangga Raja Menggala untuk melaksanakan pelepasan ukan jelabat di aliran Sungai Way Tulang Bawang, Menggala, Senin (30/4/2018).

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.