oleh

Ayo Persiapkan Diri, STQ Ke-II di Tubaba Sudah Dimulai

SELEKSI Tilawatil Qur’an (STQ) ke-II tingkat Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, telah dimulai. Acara itu dibuka secara resmi oleh Bupati Umar Ahmad diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Rasyidi, SH di Aula Rapat, Pondok Pesantren Al-Furqon, Panaragan Jaya, Sabtu (25/9).

Kegiatan STQ itu meluncurkan delapan cabang penyeleksian diantaranya, cabang Tilawah, Cabang Tahfiz Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an dan hafalan 30 Juz, Cabang Khath Al-Qur’an, Cabang Makalah, Cabang Hadist, Cabang Pensyarahan, dan Cabang Fahmil Qur’an.

Seluruh peserta berjumlah 100 orang dan 15 regu dari 9 Kecamatan di Kabupaten Tulangbawang Barat. Tujuan mendasar pada kegiatan tak lain menjaga dan melestarikan Al-Qur’an sebagai wahyu dari Allah SWT yang agung, yang akan tetap relevan sepanjang masa. Salah satu cara untuk menjaga dan mempertahankan pemahamannya adalah dengan adanya kegiatan Tilawatil Qur’an.

Bupati Umar Ahmad melalui Rasyidi mengatakan, STQ merupakan kegiatan yang telah mengakar dari tingkat nasional hingga tingkat terendah yakni kecamatan dan desa. Manfaatnya, mengetahui peningkatan di masing-masing cabang pada pemahaman Al-Qur’an, sebagai ajang silaturahmi, saling tukar pengalaman, dan pemahaman dalam mengkaji Al-Qur’an.

“Di era serba maju ini, sudah banyak bukti bahwa Al-Qur’an mampu menjawab semua tantangan di era sekarang. Dengan mempelajari Al-Qur’an secara utuh, bukan setengah- setengah, maka akan terbuka semua wawasan mengenai bumi dan isinya, mengenai manusia dan kehidupannya, serta dapat menemukan keagungan, kemuliaan dan kemukjizatan kitab suci Al-Qur’an,” ujarnya.

“Saya yakin, para dewan juri akan bekerja secara profesional serta bertanggung jawab karena dalam Seleksi Tilawatil Qur’an ini nantinya diharapkan dapat menjadi kebanggaan Tubaba, serta menghasilkan anak-anak berprestasi mewakili Tulangbawang Barat di tingkat Provinsi,” imbuhnya.

Selanjutnya, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tulangbawang Barat dalam laporannya mengungkapkan pelaksanan STQ ke-2 Tahun 2021 berdasarkan rapat kerja daerah LPTQ ke-VII pada tanggal 15 September 2021. Pada tahun ini, LPTQ Tubaba terus membuat rencana kegiatan dan program yang mengacu pada pedoman dasar dan pedoman rumah tangga.

Nampak hadir pada kegiatan, Kepala Kemenag Tubaba, Ketua MUI Tubaba, Wakapolres Tubaba mewakili Kapolres, Ketua, Pengurus dan Dewan LPTQ KUA, Kepala OPD, para camat. (Nan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed