Ayo Serbu, Sungai Tulang Bawang Surga Bagi Pecinta Memancing

Tulang Bawang, Warta9.com – Luasnya Kawasan Sungai Way Tulang Bawang mempunyai rawa pasang surut, dengan luas daerah tangkapan 1.285 km persegi, menjadikan Kabupaten Tulang Bawang sebagai spot surga bagi para pencinta hoby memancing ikan di alam terbuka.

Hal itu terlihat dengan sumber daya alam yang tiada habis, berbagai macam jenis ikan silih berganti memanjakan mata pancing para pemburu sensasi strike yang menyenangkan.

Untuk titik memancing, spot dimulai dari sekitar kawasan Wisata Tangga Raja, Kelurahan Ujung Gunung, Kecamatan Menggala hingga Kampung Bakung yang berada di Kecamatan Gedung Meneng.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE, MH, mengatakan sepanjang aliran sungai itu, terdapat anak-anak sungai yang cukup menjanjikan untuk dijakikan tempat memancing ikan. Seperti disekitar wilayah sebelum Kawasan Wisata Cakat Raya, para pemburu kesenangan ini tidak akan pernah dikecewakan jika mencoba peruntungan untuk memancing dilokasi itu.

“Untuk spot pemancing diwilayah rawa pasang surut, tentunya tidak kalah menarik dan banyak bertebaran berbagai jenis ikan yang tiada habisnya meski setiap hari digulung senar para pemancing,” ucap Winarti, Senin (07/05/2018).

Bunda Winarti panggilan akrab Bupati, menambahkan, rawa pasang surut tersebut dimulai dari Rawa Bujung Tenuk, Rawa Bawang Latak hingga Rawa Pacing. Menurutnya sangat wajar jika zaman dahulu kabupaten ini merupakan pusat perekonomian terutama melalui jalur air, karena wilayahnya tersambung-sambung hingga menjadi pilihan sarana transportasi pada saat itu.

Bergeser ke spot pemancing dengan kadar air asin, yaitu laut, kata siapa tidak memiliki potensi sumber daya alam di laut, kurang lebih 100 kilometer bibir pantai menjadi potensi besar untuk mampu membengkokkan joran pemancing.

Wilayah pesisir pantai Tulang Bawang ini mulai dari Kampung Sungai Burung Kecamatan Teladas hingga Teluk Gedung Kampung Bumi Dipasena Abadi Kecamatan Rawajitu Timur, wilayah spot pemancingan strategis yang menghadap langsung ke laut lepas mengarah ke Provinsi Bangka Belitung ini, merupakan masuk kedalam teritorial kabupaten setempat.

“Tidak sedikit pemancing dari luar Tulang Bawang bahkan dari luar Lampung dengan sengaja datang hanya untuk sekedar merasakan sensasi strike ikan-ikan besar laut Tulangbawang yang terkenal cukup tangguh melawan dan bandel serta tidak mudah untuk diangkat ke darat, atau perahu ketika sudah terkait oleh mata pancing,” papar Bunda.

Menurut Bupati perempuan pertama di Kabupaten Tulang Bawang ini, melihat potensi tersebut tentunya pemerintah tidak tinggal diam meski belum genap setahun menjabat, pihaknya telah begerak melakukan pengembangan potensi yang dimiliki Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur bersama Wakil Bupati Hendriwansyah.

Puluhan ribu benih bibit ikan Jelawat atau Jelabat telah ditebar di Sungai Way Tulangbawang, dengan harapan dapat berkembang biak dan masuk ke anak‚Äďanak sungai hingga ke rawa-rawa yang ada di Kabupaten Tulangbawang.

“Tentunya, keberadaan bibit ikan tersebut jelas menambah keanekaragaman sumber daya ikan asli sungai Way Tulang Bawang. Karena keseimbangan ekosistem seluruh perairan umum di Tulangbawang dapat selalu terjaga dan lestari, sehingga kekayaan alam dapat terus terjaga hingga masa yang akan datang,” tukasnya. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.