Babinsa Koramil 426-01 Ajak Petani Tingkatkan Hasil Panen Ditengah Pandemi

Rawajitu Utara, Warta9.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 426-01 Mesuji di bawah wilayah teritorial Komando Distrik Meliter (Kodim) 0426 Tulang Bawang, Sertu Basarudin mengajak masyarakat terus meningkatkan hasil pertanian padi di tengah pandemi Corona.

Hal itu disampaikannya mewakili Dandim 0426/TB Letkol Ifantri Kohir, saat mendampingi petani dalam penyemaian bibit padi dan pengolahan lahan sawah di Desa Sidang Iso Mukti, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, Minggu (31/5).

Untuk mencapai itu memerlukan usaha dan kerja keras serta keyakinan dari para petani dalam mengolah lahan tanpa dibayang- bayangi rasa ketakutan tertular virus corona.

“Sebab protokol kesehatan dalam mencegah COVID-19 harus benar- benar tertanam dalam sanubari setiap pribadi warga petani, sehingga tidak perlu diragukan lagi akan pelaksanan protokol kesehatan,” ajaknya.

Dengan begitu akan dapat dipastikan bahwa warga petani padi yang ada di Desa Sidang Iso Mukti, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji dapat mempertahankan hasil panen.

“Panen padi tahun ini (padi musim rendeng) hasilnya kurang memuaskan, karena terlalu tingginya curah hujan yang mengakibatkan tanaman padi banyak yang roboh sebelum tua, juga banyaknya penyakit potong batang leher,” ujarnyam

“Sebab, para petani setelah panen langsung mengolah lahan sawah mereka untuk mengejar tanam musim gadu, dan bila menghitung baru sekitar 20% yang sudah mengolah lahan sawah mereka kembali mempersiapkanmasa tanam musim gadu,” jelasnya.

Sementara salah satu petani padi Supran, mengatakan, bahwa sedang tanam bibit dan mengolah lahan sawah, hasil panen musim rendeng tahun ini belum sesuai harapan para petani banyak kendala dilapangan baik masalah hama penyakit maupun masalah kondisi alam.

“Harapan kami selaku petani, masa tanam padi gadu yang akan berjalan sekarang ini akan memberikan hasil yang maksimal, karena persediaan air masih cukup,” harapnya.

“Semoga tidak ada hama yang tidak bisa kami kendalikan, sehingga harapan panen padi musim gadu yang lebih baik akan terwujud,” ungkap Supran. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.