Bagikan 29.600 Tumbler ke Siswa, Tubaba Berkarakter Pecahkan Rekor MURI, Gubernur Puji Bupati Tubaba

Tulangbawang Barat, Warta9.com – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) membagikan 29.600 botol minum (tumbler) ke 223 sekolah tingkat dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan swasta. Sehingga kegiatan yang berlangsung, Kamis (28/11/2019), di tiga lokasi dengan membagi 29.600 tumbler untuk Tubaba Berkarakter, memecahkan Rekor MURI.

Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Drs. H. Sulpakar, MM, mengapresiasi pemberian tumbler kepada seluruh siswa di Tubaba dalam rangka gerakan cinta lingkungan dan mengurangi sampah plastik di masyarakat, serta membiasakan pola hidup sehat seluruh murid di Tubaba.

Acara yang dipusatkan di lapangan upacara kantor bupati Tubaba, Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, dihadiri Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad, Kepala OPD setempat dan para kepala sekolah.

Membacakan sambutan Gubernur Lampung, Kadisdikbud Sulpakar mengatakan, berbagai upaya pengelolaan sampah semakin intensif dilakukan Pemprov Lampung diantaranya ; Bersama-sama Pemkab dan Pemkot se- Provinsi Lampung membuat kebijakan strategis daerah (JAKSTRADA) pengelolaan sampah yang saling mendukung dan bersinergi.

Membangun tempat pengelolaan sampah (TPA) Regional dan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa). Menggalakkan partisipasi masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah dari rumah sesuai dengan surat edaran MENLHK, Nomor : SE.5/MENLHK/PSLB3/PLB.0/10/2019 tanggal 15 Oktober 2019 maupun surat edaran Gubernur Lampung nomor ; 660/2707/V.10/2019 tanggal 27 September 2019 tentang pengurangan dan penanganan sampah.

Gubernur Arinal juga mengingatkan pentingnya meningkatkan kebersihan sejak dini mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Untuk menumbuh kembangkan karakter siswa dan mendorong terwujudnya lingkungan yang bersih bebas dari sampah plastik, sehat dan nyaman. Maka Gubernur memuji langkah Bupati Tubaba yang tepat dengan membagikan tumbler kepada seluruh peserta didik sebagai usaha sadar dan gerakan bersama untuk memulai pembiasaan baik secara bersama-sama.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak untuk mengurangi penggunaan kemasan, botol, sedotan, kantong, dan gelas berbahan plastik sekali pakai. Melakukan upaya pemilahan sampah di rumah tangganya masing-masing. Tidak melakukan pembakaran sampah. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.