Bangun Wisma Haji, Pemprov Jabar Siap Gelontorkan Bantuan Rp 30 Miliar

Indramayu, Warta9.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, yang akrab disapa (Aher) di sisa masa jabatannya siap menggelontorkan bantuan pembangunanan sebesar Rp30 miliar melalui KUA-PPAS 2019, Jumat (01/06) di Kabupaten Indramayu.

Pembangunan kembali wisma haji Indramayu yang berlokasi di Jalan Olahraga tersebut merupakan kebutuhan karena setiap tahun jumlah jamaah haji dari Kabupaten Indramayu terus mengalami peningkatan.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu, Omarsyah mengatakan, pembangunan kembali wisma haji ini sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta memberikan kemudahan kepada calon jamaah dalam mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, saat ini banyak sekali ormas islam yang membutuhkan sarana berupa gedung untuk berbagai kegiatan keagamaan baik berupa kajian agama maupun kegiatan sosial lainnya.
“Pertimbangan itulah, Pemkab Indramayu membangun sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan dimaksud dengan membangun asrama haji dengan segala kelengkapannya,” tegas Omarsyah.

Omarsyah menambahkan pembangunan wisma haji ini merupakan tahap ke 3, dan yang akan dibangun yakni asrama A dengan luas bangunan 2017 meter persegi, 3 lantai dengan fasilitas berupa 57 kamar VIP, 24 kamar tipe kelas I, ruang pertemuan serta beberapa fasilitas lainnya.

“Selanjutnya juga akan dibangun asrama B dengan luas bangunan 1.158 meter persegi terdiri atas 3 lantai dengan fasilitas kamar VIP sebanyak 24 kamar, dan kamar tidur kelas I sebanyak 30 kamar yang dilengkapi dengan lift sebanyak 3 buah dan play ground,” ucapnya.

Ditempat yang sama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, jika dilihat dari grand design pembangunannya, wisma haji Indramayu ini akan menjadi wisma haji terbesar di Jawa Barat yang dimiliki oleh kabupten/kota.

“Insya Allah sebelum masa jabatan sya berakhir dalam hitungan hari, sya masih bisa tandatangan KUA PPAS untuk tahun 2019. Kita akan bantu 30 miliar dari APBD Provinsi Jawa Barat,” kata Aher.

Aher berharap pembangunan wisma haji ini bisa dimanfaatkan oleh semua pihak tidak hanya oleh jamaah haji Indramayu. (W9-Sai)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.