Bawaslu Tulang Bawang Gelar Rakor Penanganan Pelanggaran Pemilu

Banjar Agung, Warta9.com – Guna mematangkan kapasitas Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) tentang penanganan pelanggaran Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD dan Pilpres.

Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Tulang Bawang melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakoor) bersama Panwaucam tersebut di Le, Man Kecamatan Banjar Agung, Selasa (26/2/2019).

Rakor itu digelar selama dua hari, Selasa – Rabu (26-27/2019) dengan narasumber Ketua Bawaslu Tulang Bawang Rahmat Lihusnu, anggota Kordiv Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Fauzi Ibrahim, Kordiv Pencegahan dan hubungan antar lembaga Desi Triyana, Kasat Reskrim Polres Tulang Bawang AKP. Zainul Fachri dan Ketua Bawaslu Lampung Khoiriyah.

Ketua Bawaslu setempat Rahmat Lihusnu menjelaskan, Rakor selama dua hari kedepan dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas Panwaslucam dalam tugas pengawasan dan penanganan pelanggaran – pelanggaran Pemilu 2019.

“Jadi hal itu terdapat ada lima pemateri dari Bawaslu dan Polres terkait dengan pengawasan dan penanganan pelanggaran, harapannya, setelah dilaksanakannya Rakor Panwaslucam langsung diaplikasikan di lapangan,” tutur Rahmat Lihusnu.

Pada kesempatan yang sama anggota Kordiv Pencegahan dan hubungan antar lembaga Desi Triyana menegaskan, bahwa tugas Bawaslu dan Panwaslucam sangat rumit dan padat. Sehingga butuh konsentrasi dan keseriusan dalam melaksanakan tugas pengawasan.

“Panwaslucam harus proaktif dan rajin membaca dan mempelajari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) jilid 3 terbaru setebal 556 halaman. Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu). PKPU dan Perbawaslu adalah acuan dan dasar dalam melakukan pengawasan,” ucap Desi.

Dilanjutakan lagi anggota Kordiv Penanganan dan Penindakan Fauzi Ibrahim mengajak kepada seluruh Panwaslu untuk dapat mengaktifkan seluruh Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dan organisasi Panwaslucam untuk menghidupkan tugas – tugas pengawasan.

“Pemilu sudah semakin dekat tinggal hitungan Minggu. Seluruh pengawas mulai dari pengawas lapangan dan kecamatan harus aktif memantau dan mengontrol masing – masing wilayahnya,” jelas Fauzi. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.