oleh

Beri Contoh Penyintas Covid-19, Wabup Pringsewu Donor Plasma Konvalesen

Wabup Fauzi penyintas Covid-19 melakukan donor plasma konvalesen di UTD PMI Lampung. (foto : ist)

Pringsewu, Warta9.com – Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, SE, M.Kom, MESy, Akt. CA, selain aktif mengajak dan menghimbau jajarannya di Pemkab Pringsewu dan elemen masyarakat penyintas Covid-19 untuk menjadi donor plasma konvalesen. Fauzi memberi contoh dengan langsung menjadi pendonor.

Fauzi yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Pringsewu Hj. Rita Irviani diterima langsung oleh Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Pembina PMI Lampung dr. Aditya, M.Biomed, Rabu (21/7/2021).

Menurut Fauzi, mereka yang dapat menjadi pendonor plasma konvalesen adalah orang yang sehat, menjalani berbagai screening serta syarat lainnya. “Mereka yang akan mendonorkan plasma konvalesen ini, sekaligus untuk memeriksa kondisi kesehatannya,” kata Fauzi.

Fauzi juga Ketua PMI Pringsewu ini menuturkan, plasma konvalesen adalah plasma darah dari pasien Covid-19 yang telah sembuh. Kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang terpapar virus Corona.

Melalui donor plasma konvalesen dari penyitas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh diharapkan dapat membentuk antibody. Sehingga dapat diberikan kepada orang lain yang sedang terinfeksi. “Dengan demikian, plasma konvalesen akan membuat antibodi tubuh pasien yang masih sakit agar segera sembuh dari Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, dr. Aditya, M.Biomed, mengatakan, UTD Provinsi Lampung telah menyalurkan 72 kantung darah plasma konvalesen. Sedangkan dari UTD luar Lampung 43 kantung. Dokter Aditya menambahkan saat ini masih ada yang membutuhkan plasma konvalesen 14 golongan darah A, O, B dan AB. Dokter Aditya mengucapkan banyak terimakasih kepada Wabup Pringsewu peyintas Covid-19 yang sudah memberi contoh kepada yang lain. (W9-jam)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed