Besok CJH Lampura Mulai Diberangkatkan, Kasmi Calon Jamaah Tertua

Kotabumi, Warta9.com – Kasmi Dulgofir (88) warga Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara (Lampura), merupakan calon jamaah haji (CJH) asal Lampura, dengan usia tertua yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini.

Demikian diungkapkan Kasi Penyelenggaraan Haji Kementerian Agama Lampura, Herman Ali, disela-sela penerimaan koper CJH, Kamis (26/7/2018). “Untuk cjh usia termuda yakni M Sidik Akbar warga Bukit Kemuning dengan usia 20 tahun,” katanya.

Ketika ditanya mengenai tahapan sebelum diberangkatkannya para jamaah, Herman menjelaskan jika pihaknya masih melakukan penerimaan koper para jamaah, yang nantinya akan dikirim ke Asrama Haji di Bandar Lampung.

Menurut dia, koper-koper tersebut diberangkatkan terlebih dahulu sebelum para CJH brangkat. Dimana, rencananya 338 CJH dan 5 petugas yang masuk dalam kelompok terbang (kloter) 25 akan diberangkat dari Lampura menuju Asrama Haji Bandar Lampung pada Jumat (27/7/2018) sekitar pukul 05.30 WIB. “Pelepasan keberangkatan CJH besok rencananya akan dilakukan oleh pak Bupati Agung Ilmu Mangkunegara,” terang Herman.

Untuk rombongan berikutnya, lanjut Herman, yakni 64 orang yang tergabung dalam kloter 33 akan diberangkatkan pada 31 Juli 2018, dan 12 jamaah yang masuk dalam kloter 57 akan berangkat pada 12 Agustus 2018. “Jadi seluruh CJH asal Lampura tahun ini yang akan berangkat ke tanah suci sebanyak 464 orang,” jelasnya.

Dia menghimbau, bagi para jamaah untuk tetap menjaga kesehatan serta tidak membawa barang yang dilarang selama penerbangan. Sementara itu, Pemkab Lampura menetapkan Ongkos Transit Daerah (OTD) jemaah haji Tahun 2018 sebesar 2.372.408 rupiah /jamaah.

“Tahun ini OTD sudah ditetapkan, besarannya Rp 2 jutaan,” kata kabag Kesejahteraan Rakyat, sekretariat Pemkab Lampura, Bambang Hadiansyah, beberapa waktu lalu.

OTD merupakan ongkos yang dikeluarkan dari Lampung menuju Jakarta. Sebab, calhaj asal Lampung tergabung dalam kelompok terbang (kloter) Jakarta. Sementara, biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tidak menanggung biaya perjalanan dari daerah asal ke kloter.

Ia juga menjelaskan biaya OTD meliputi biaya transportasi pesawat yang akan digunakan oleh jamah haji dengan rute Lampung Jakarta (PP), biaya lainnya. (Rozi/Van)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.