oleh

Besok, Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung, Warga Dilarang Beraktifitas di Aliran Sungai Ini

Wapres Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat meninjau Vendungab Way Sekampung beberapa waktu lalu. (foto : ist)

Pringsewu, Warta9.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Way Sekampung Pringsewu Lampung, Kamis (2/9/2021) besok.

Setelah peresmian, pintu air Bendungan Way Sekampung akan dibuka. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengimbau masyarakat yang berada di sekitar bantaran sungai di sepanjang aliran Way Sekampung untuk tidak melakukan kegiatan apapun di sungai pada hari dan tanggal tersebut.

Menurut Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, Selasa (31/08/2021), imbauan tersebut menyusul dan menyikapi adanya Surat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung No.HM. 01.05-AW/676 tertanggal 27 Agustus 2021 perihal Pemberitahuan Pengaliran Air Way Sekampung.

Surat yang ditanda tangani oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Alexander Leda, ST, MT ini ditujukan kepada Bupati Pringsewu, yang didasarkan Surat Kepala SNVT Pembangunan Bendungan BBWS Mesuji Sekampung No.HM 01 05/SNVT.PB.BBWS.MS/2021/62 juga tertanggal 27 Agustus 2021.

Oleh karena itu, kata Wabup Pringsewu, pihaknya meminta masyarakat untuk mengindahkan imbauan tersebut agar terhindar atau tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Telan Anggaran Rp1,7 Triliun
Pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu dengan luas lahan 800 hektar dan 667 hektar untuk genangan menelan anggaran sekitar Rp1,7 triliun.

Bendungan Way Sekampung yang mulai dikerjakan pada 2016, direncanakan selesai tahun 2020. Tapi, rencana itu mundur dan baru selesai tahun ini.

Beberapa waktu lalu, Wapres RI Prof KH. Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau Bendungan Way Sekampung. Bendungan ini akan mengaliri areal persawahan daerah Lampung Tengah, Pesawaran, Metro, Lampung Timur dan wilayah Branti. Sedangkan Kabupaten Pringsewu hanya sebagai lokasi bendungan dan tempat wisata. Bendungan ini juga menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Bendungan ini juga menjadi penyediaan air baku untuk Kota Bandarlampung. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed