Bupati Agus Istiqlal Ajak Jajaran Halal Bihalal Di Wayharu

Bengkunat, Warta9.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, untuk pertama kalinya menggelar Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah diwilayah Wayharu tepatnya di Pekon Waytiyas Kecamatan Bangkunat, Rabu (11/7/2018).

Halal Bihalal tersebut dihadiri langsung Bupati Pesibar Hi. Agus Istiqlal, Sekkab Azhari, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Sai Batin Marga Belimbing, Gelar Suntan Panji Negara, A. Zulqoini Syarif, Camat, dan peratin se-Pesibar.

Dalam halal bihalal kabupaten yang pertama kalinya digelar sejak Indonesia merdeka itu, ada pemandangan yang berbeda dari waktu-waktu sebelumnya.

Kondisi dimaksud yakni kendaraan roda empat (R4) dan roda dua (R2) biasa yang berjumlah puluhan mobil dan ratusan motor kini mulai masuk ke Wayharu dengan leluasa.

Terlihat raut wajah antusiasme ribuan masyarakat Wayharu yang berkumpul di lapangan Pekon Waytiyas untuk menyaksikan kehadiran orang nomor satu di Pesibar beserta jajarannya itu yang dikemas dalam halal bihalal hari raya idul fitri 1439 Hijriah oleh Pemkab Pesibar.

Tokoh masyarakat yang juga mewakili Sai Batin Marga Belimbing, Tasman, menyampaikan rasa terimakasih yang memilih acara halal bihalal di Wayharu atau wilayah Marga Belimbing. “Baru kali ini Pak Bupati acara halal bihalal kabupaten digelar di Marga Belimbing,” ujarnya bahagia.

Dia menegaskan bahwa masyarakat Wayharu atau Marga Belimbing kedepan siap berpartisipasi dalam melaksanakan program unggulan Pemkab Pesibar. “Utamanya dalam hal upaya pemekaran Kecamatan Belimbing kedepannya,” lanjut Tasman.

Diterangkannya saat ini masih dari empat pekon dalam wilayah Wayharu dalam hal penerangan, saat ini masih disiasati menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). “Meski tegangan belum optimal, kedepan masyarakat berharap agar PLN bisa masuk ke Wayharu,” pungkasnya

“Empat tahun lalu kami belum pernah melihat mobil Bupati parkir dilapangan di pekon kami. Hari ini sejarah mencatat perhatian Pemkab Pesibar oleh Bupati dan DPRD tercurahkan untuk masyarakat Wayharu atau Marga Belimbing,” tukasnya.

Sementara Bupati Agus Istiqlal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Pesibar telah berupaya memperlakukan secara sama terhadap masyarakat Wayharu dengan kecamatan lainnya. “Termasuk dalam hal pemekaran Kecamatan Belimbing dan Marang, kalau rekan legislatif mendukung mudah-mudahan terwujud. Kalau kita kuat tidak satupun bisa merobohkan kita,” ujar Bupati dengan lantang.

Dijelaskannya, Pemkab Pesibar-DPRD saat ini tengah berjuang menyelesaikan cita-cita bersama, yakni membuka akses Wayharu dengan maksimal. “Wayharu harus seperti wilayah lain, sama dengan wilayah lain, bahkan lebih dari wilayah lain. Wayharu harus ada perubahan, keterlibatan peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam mewujudkan upaya cita-cita pembangunan tersebut,” tandasnya.

Terakhir, orang nomor satu di Pesibar itu mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Bathin, baik secara pribadi maupun sebagai pimpinan dalam tubuh Pemkab Pesibar. “Baik secara pribadi atau mewakili Pemkab Pesibar mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin,” tutupnya.

Dalam acara halal bihalal tersebut diwarnai dengan acara qasidah, tarian adat dan suguhan kegiatan adat lainnya. (W9-Edison)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.