Bupati dan Wakil Bupati Asahan Tinjau Pelayanan Kontrasepsi MOW

Asahan, Warta9.com – Bupati Asahan H. Surya Bsc bersama Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin meninjau pelayanan KB Medis Operasional Wanita (MOW) di Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manan Simatupang, Selasa (29/08/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Bulan Bakti Sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan 2023. Disela-sela peninjauan tersebut Bupati menyampaikan tujuan kegiatan ini, untuk memenuhi target pengendalian penduduk di Kabupaten Asahan dengan menggunakan metode KB-MOW tahun 2023. Metode KB ini ditujukan kepada wanita berusia 35 sampai 45 tahun atau wanita yang tidak menginginkan keturunan lagi.

Bupati juga mengatakan, adapun tujuan umum dari perencanaan KB adalah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya bagi ibu dan anak serta mengendalikan pertumbahan penduduk suatu negara sesuai dengan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) yaitu dengan jalan mengendalikan jumlah kelahiran.

Selain itu, KB juga bertujuan adalah meningkatkan kesejahteraan suatu keluarga dengan penjarangan angka kelahiran atau jumlah kelahiran bayi, salah satunya dengan pemakaian alat kontrasepsi.

“Kepada pasangan keluarga, utamanya yang baru saja membina keluarga diharapkan mengikuti program keluarga berencana dengan menjadi akseptor KB baik menggunakan IUD, pil, Implant atau kondom maupun operasi steril,” ungkapnya.

Dengan mengikuti program KB berarti keluarga dapat menyelamatkan kehidupan serta meningkatkan status kesehatan ibu dan anak. Terutama dalam mencegah kehamilan tak diinginkan, menjarangkan jarak kelahiran, serta mengurangi tingkat risiko kematian pada bayi.

Selain itu, program KB juga dapat memberi keuntungan bagi kehidupan ekonomi sebuah keluarga dan masyarakat. Selain itu, program KB juga telah membuktikan bahwa pria juga ikut bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi mereka dan keluarganya.

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Asahan dan Wakil Bupati Asahan didampingi Perwakilan dari Kodim 0208 Asahan, Para Asisten, Kepala Dinas P2KB P3A Asahan, beberapa OPD, Para Camat, serta tamu undangan lainnya. (Eff)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.