Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti Teken MoU Desa Sadar Hukum dan Hadiri Pengukuhan Duta HAM

BUPATI Tulang Bawang Lampung, Hj. Winarti SE, MH, menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman, Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan Pengukuhan Duta Hak Asasi Manusia serta Pengarahan Menteri Hukum dan HAM kepada CPNS Kanwil Lampung di Hotel Novotel Kota Bandar Lampung, Rabu, (12/09/2018).

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE, MH bersama Bupati Waykanan Raden Adipati Suya,SH, Bupati Mesuji Khamami, SH bersiap-siap Penandatangan Nota Kesepahaman Memorandum Of Understanding (MoU) pembentukan produk hukum di Daerah dan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dan Indikasi Geografis (IG) di Hotel Novotel Kota Bandar Lampung, Rabu, (12/09/2018).

Kegiatan tersebut, dihadiri Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung ini, Pangeran Suri Bupati Tulangbawang hadir didampingi bersama Inspektur Inspektorat Dr. Pahada Hidayat SH MH, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Dra. Desia Kusumayuda, M.Si dan Kabag Hukum Anuari SH serta pejabat lainnya dilingkup Pemkab Tulangbawang.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE, MH menyaksikan Menkumham yang diwakili Plt. Kepala Pembinaan Badan Hukum Nasional dan murupakan Kepala Badan Litbang Hukum dan HAM, Prof. Benny Rianto mendatangani Nota Kesepahaman, Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan Pengukuhan Duta Hak asasi Manusia serta Pengarahan Menteri Hukum dan HAM kepada CPNS Kanwil Lampung di Hotel Novotel Kota Bandar Lampung, Rabu, (12/09/2018).

Dalam kesempatan ini Bunda Winarti panggilan  sapaan akrab Bupati, turut menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang dengan Kemenkumham Kanwil Lampung yang berisi tentang, pembentukan produk hukum di Daerah dan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dan Indikasi Geografis (IG).

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE, MH Penandatangan Nota Kesepahaman Memorandum Of Understanding (MoU) pembentukan produk hukum di Daerah dan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dan Indikasi Geografis (IG) di Hotel Novotel Kota Bandar Lampung, Rabu, (12/09/2018).

“Penandatanganan MoU ini saya berharap kedepan dapat terciptanya sinergitas yang semakin intens dan efektif dalam upaya kita mewujudkan produk hukum Daerah yang berkualitas dan taat asas,” sebut Bupati wanita  pertama pemimpin  di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur itu, sesaat setelah menandatangani MoU dengan Kemenkumham Kanwil Lampung.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE, MH melakukan Penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Menkumham dan Kanwil Kemenkumhan di Hotel Novotel Kota Bandar Lampung, Rabu, (12/09/2018).

“Saya juga berharap, inovasi-inovasi yang muncul dari masyarakat Tulangbawang bisa dilindungi kepemilikannya, dengan pengakuan sebagai pemilik hak cipta, jangan sampai kita yang berinovasi tetapi orang lain yang mengakuinya. Untuk itu mari berfikir berinovasi menciptakan produk lokal unggulan Kabupaten Tulangbawang,” ujar Bupati Bunda Winari.

Menurut Bupati Bergerak Melayani Warga ini mengatakan, wujud kerjasama itu diantaranya  Mou antara Kantor Disdukcapil Tulang Bawang dengan Rutan Kelas IIB Menggala. “Tentang percepatan pencapaian kepemilikan dokumen kependudukan bagi warga binaan di Kabupaten tersebut, ” ucap Bupati Gotong Royong ini.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE, MH beserta Bupati lainnya melaksanaka bersama Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU)Menkumham dan Kanwil Kemenkumhan di Hotel Novotel Kota Bandar Lampung, Rabu, (12/09/2018).

Hal senada dikatakan, Menkumham yang diwakili Plt. Kepala Pembinaan Badan Hukum Nasional dan murupakan Kepala Badan Litbang Hukum dan HAM, Prof. Benny Rianto, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Lampung yang telah memberikan fasilitas sehingga Kemenkumham Kanwil Lampung dapat melaksakan kegiatan.

“Dan juga terimakasih, karena telah membuat Kanwil Lampung bisa bekerja optimal dan salah satunya menghasilkan terbentuknya Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang menjadi contoh Daerah lain. Ini memberikan bentuk kita membangun kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik sehingga bisa menyadari hal dan kewajibannya, ini tentu saja di mulai dari lingkungan terkecil dan ini tangggug jawab kita dalam menegakkan supremasi hukum,” jelas Prof. Benny.

Sementara itu, Kepala Wilayah Kemenkumham Lampung, Bambang Haryono menjelaskan, kegiatan  ini terlaksana merupakan bentuk upaya bersama dalam meningkatkan kesedaran hukum, kegiatan  ini adalah salah satu bentuk perbentukan karakter sadar hukum dengan cara pembentukan kelompok-kelompok masyarakat sadar hukum.

“Namun, seperti halnya  lewat pengukuhan Duta HAM SMA/SMK dan pembentukan Desa Sadar Hukum, ini sebagai bentuk upaya kita agar masyarakat bisa semakin sadar hukum,” kata Bambang Haryono.

Selain itu, juga dilakukan pengukuhan Duta pelajar HAM Provinsi Lampung Tahun 2018, yang pada kesempatan ini Pelajar SMA/SMK dari Kota Bandar Lampung dikukuhkan menjadi Duta HAM Provinsi Lampung. (ADV)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.