Bupati Winarti Istruksikan Stop BABS

Menggala, Warta9.com – Sekdakab Tulang Bawang Ir. Anthoni, MM mewakili Bupati Dr. (Cand) Hj.Winarti instruksikan seluruh Kepala Dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian Sekretariat, Camat, Kepala Puskesmas maupun masyarakat berkomitmen melakukan aksi untuk stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tahun 2020 dalam waktu 2 bulan ini.

Kegiatan kominten itu, dilakukan dalam rapat Sosialisasi Kabupaten/Kota sehat melalui BABS di ruang rapat lantai II sektariat Kantor Bupati, Jalan Cemara Gunung Sakti, Mengggala, Kamis (15/10/2020).

Anthoni mengatakan, mengacu Permenkes nomor 3 tahun 2014 tentang sanitasi total berbasis masyarakat, berdasarkan laporan Kepala Dinas Kesehatan Fatoni, dari 4 Kelurhan dan 147 kampung baru 40 Kampung yang sudah Stop BABS tersebut dengan rincian pecapaian tahun 2015 ada 1 Kampung, tahun 2016 pun 1 Kampung, tahun 2017 juga 1 Kampung, tahun 2018 menyusul 16 Kampung.

“Dan tahun 2019 terdapat 21 Kampung dan diakhir tahun 2020 dapat terealisasi semuanya di Kabupaten Tulang Bawang,” ucap Sekdakab.

Dimana kegiatan ini kata Anthoni, bertujuan diharapkan pada Kepala Dinas OPD/Kepala Seketariat Daerah; Camat dan Kepala Puskesmas dapat Lebih memantapkan koordinasi dalam upaya percepatan Stop BABS di Kabupaten Sai Bumi Nenggah Nyapur ini.

“Karena merupakan salah satu upaya intervensi menurunkan kasus stunting/gizi buruk, dan penyakit yang di akibatkan sanitasi lingkungan, agar masyarakat membudayakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” jelasnya. (W9-Wan)

loading...
Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.