oleh

Ciptakan Generasi Berkualitas, Pendidikan Harus Dilakukan Sejak Anak Usia Dini

Bunda PAUD Provinsi Lampung Riana Sari Arinal. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Pemerintah Provinsi Lampung, Qudrotul Ikhwan, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pokja Bunda PAUD se-Provinsi Lampung, di Gedung Pusiban, Jumat (17/12/2021).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Qudrotul Ikhwan, menyambut baik diselenggarakannya Rapat Koordinasi ini. Rakor Pokja PAUD sebagai wahana untuk meningkatkan sinergitas Pokja Bunda PAUD se-Provinsi Lampung.

Menurut Gubernur Lampung, pendidikan merupakan modal dasar untuk menyiapkan insan yang berkualitas. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak anak usia dini, yaitu pendidikan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 Tahun.

“PAUD menjadi sangat penting mengingat potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada rentang usia dini. Sedemikian pentingnya masa ini sehingga usia dini sering disebut Golden Age (usia emas),” kata Gubernur Arinal.

Masih kata Gubernur Arinal, penanganan PAUD harus dilakukan secara cermat, terencana, dan menyeluruh, dengan mempertimbangkan kebutuhan, karakteristik perkembangan, potensi yang dimiliki anak, serta kondisi dan nilai lingkungan dimana anak berkembang mengingat pentingnya kedudukan PAUD dalam menyiapkan kemampuan dasar anak.

Dari tahun ke tahun pertumbuhan lembaga pendidikan anak usia dini di Provinsi Lampung terus meningkat bahkan pada saat pandemi Covid-19.

Ini terlihat pada Data Dapodik PAUD tahun 2021 jumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Provinsi Lampung masih mencapai angka 5.825 lembaga, dengan jumlah Anak Usia Dini (AUD) yang terlayani didalamnya sejumlah 202.242 anak.

Kepada para Bunda PAUD, Instansi terkait dan Organisasi Mitra PAUD agar terus melakukan pembinaan dan memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut.

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan bimbingan orangtua, para guru PAUD dan didukung oleh kelengkapan sarana dan prasarana maka masa depan anak-anak Lampung akan lebih gemilang dimasa yang akan datang,” kata Gubernur Arinal

Komitmen Pemerintah untuk membangun pendidikan sangat jelas, terlihat dari anggaran Pemerintah Provinsi Lampung yang walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 tetap dinaikkan untuk pendidikan setiap tahunnya. “Ini menunjukkan pendidikan adalah kebutuhan utama rakyat yang harus bisa diakses semua masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, Gubernur juga berharap dana yang tersedia di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota salah satunya dapat digunakan untuk mewujudkan penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif, yang menjamin semua anak usia dini di seluruh Provinsi Lampung berkesempatan memperoleh layanan PAUD, demi pembentukan anak-anak yang cerdas dan berkualitas.

Sementara itu, Bunda PAUD Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, mengatakan, program PAUD bisa menjadi contoh bagaimana kita mampu membangun sistem pendidikan usia dini yang lebih baik.

Bunda PAUD juga mengingatkan, bahwa program yang dirancang oleh Pokja Bunda PAUD Provinsi harus sejalan dengan program yang dirancang oleh Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota, sehingga kekuatan ini bisa menyatu menjadi sebuah kekuatan yang tangguh.

Hadir dalam pembukaan Rakor Pokja Bunda PAUD antara lain; Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Sulpakar, MM, Kadis Kesehatan Dr. dr. Reihana, Kadis Sosial Aswarodi, Kadis PP & PA Fitrianita Damhuri, Kadis PMDes & transmigrasi Dr. Zaidirina, Ketua Pokja Bunda Paud Provinsi Lampung. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed