Cuaca Buruk, Kawasan Mina Hujan Es dan Banjir

Makkah, Warta9.com – Hujan deras dan es mengguyur kawasan Mina, Kota Mekkah, Arab Saudi Senin (12/8/2019). Akibatnya, terjadi banjir. Ini merupakan hujan ketiga yang ditemui di Kota Mekkah selama musim haji tahun 2019.

Sebelumnya, hujan sempat turun pada 6 Agustus 2019, lalu. Kemudian, hujan di Arafah pada tanggal 9 Zulhijah. Hujan turun disaat para jemaah haji tengah khusyuk melaksanakan ibadah wukuf. Dan, hujan deras turun sore ini di Mina dan sekitarnya.

Pantauan Tim Media Center Haji (MCH), hujan deras ini mengguyur kawasan Mina pada Senin sore, sekira pukul 15.30 waktu Arab Saudi. Sebagian jemaah tengah bergerak menuju jamarat, dan sebagian lain berada di tenda-tenda.

Tanda-tanda akan turunnya hujan memang sudah sangat tampak sejak Senin pagi. Awan mendung menggelayut di langit Mina, sesekali panas tapi tak terik seperti biasanya. Kondisi cuaca yang teduh ini sangat membantu jemaah yang akan melempar jumrah.

Menjelang sore, awan-awan mendung di sekitaran Mina itu akhirnya menumpahkan airnya ke tanah. Ribuan jamaah yang tengah berada di jalanan mencari teduhan di sekitaran Jamarat. Sementara jamaah yang ada di dalam tenda tampak menyelamatkan barang-barangnya agar tidak terkena hujan dan genangan air.

Berdasarkan prakiraan cuaca, suhu udara di Mekkah ini turun drastis pasca diguyur hujan lebat. Tercatat saat ini 22 derajat celcius dengan kelembaban 90 persen. Kondisi ini jarang terjadi, selama gelaran haji 2019.

Informasi cuaca mengingatkan, bahwa hingga malam nanti potensi angin dan kemungkinan hujan disertai petir masih akan terjadi. Jamaah diminta mengantisipasi kemungkinan tersebut.

Dai kondang Abdullah Gymnastir dalam akun instagramnya @aagym mengatakan, Kota Suci Mekkah tengah mengalami cuaca buruk. Hari ini, Senin 12 Agustus 2019, terjadi hujan es dan banjir.

Abdullah Gymnastiar, atau yang akrab disapa Aa Gym, mengabarkan kalau cuaca Mekkah kurang baik karena banjir dan hujan es. “Hujan es di mekkah mina masyaaAlloh. Semua tetesan hujan dan es bertasbih kepada Allah,” tulis Aa Gym.

Dalam video itu, Aa Gym turut mendoakan kaum muslimin yang tengah beribadah diberikan keselamatan. Banjir yang terjadi di sana disebut karena pengairannya berbeda. (W9-mas)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.