Curah Hujan Tinggi, Bangunan Buis Tepi Sungai Gamo Rusak Diterjang Banjir

Gunungsitoli, Warta9.com – Akibat curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, Menyebabkan pembangunan buis tepi sugai gamo Rusak diterjang banjir. Bangunan yang terletak di dusun 1 Desa Sisarahili Gamo Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli Sumatera Utara itu menelan dana Rp 300 juta lebih.

Kasi kesejahtraan Desa Sisara hili Gamo, Yasokhi Telaumbanua, Kamis, (10/10/19) menjelaskan, pembangunan buis tepi sungai ini bersumber dari Dana Desa silfa 2018 .yang menelan anggaran sebesar Rp.316.000.000, yang direncanakan sepanjang 33.80 meter, sedangkan yang sudah terealisasi sekitar 49 meter menuju muara.

Sedangkan revisi perobahan pembangunan buis ini berdasarkan hasil musyawarah masyarakat yang di ketahui Pendampig Desa.(PD) dan Pendamping tenaga teknis.

Sementara itu, Kepala Desa sisarahili gamo Aluizaro Telaumbanua menjelaskan diruang kerjanya mengatakan, pembangunan pembuatan buis tepi sungai ini adalah lanjutan dari program kepala desa sebelumnya, dimana sumber dananya dari silfa Tahun 2018 dan baru dilaksanakan Tahun 2019.

Penyebab terjadinya kerusakan buis karena banjir yang cukup deras dan kejadian ini sudah kita sampaikan kepada Camat gunungsitoli ,pendamping desa dan tenaga teknis untuk meminta pentunjuk pengerjaan lanjutan maupun yang sudah rusak.

Lebih lanjut di jelaskan kades sisara hili gamo mengatakan Tujuan dilaksanakan pembangunan buis tepi sungai gamo adalah untuk mesejhaterakan masyarakat desa sisara hili gamo, memperlancar arus aliran sungai menuju muara, supaya perahu nelayan mudah memasuki sugai gamo setelah pulang dari laut,mencegah terjadinya pengikisan disekitar muara pantai.

Akibat kerusakan yang di sebabkan oleh banjir pada pembangunan buis tepi sungai gamo, keungan desa sedikit mengalami kerugian dan kita selalu berupaya untuk menyelesaikan pembangunannya agar dapat di nikmati masyarakat setempat dan masyarakat umum yang sengaja berkunjung dilokasi ini tandasnya. (W9-Fatiwanolo).

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.