Dapat Surat Penyidikan KPK, Idrus Marham Mundur dari Mensos

Jakarta, Warta9.com – Mantan Sekretaris Jenderal Idrus Marham mengundurkan diri dari jabatan Menteri Sosial (Mensos). Idrus sudah mengajukan surat permohonan diri sebagai Mensos kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (24/8/2018) siang.

Mensos, Kamis (23/8/2018), mengaku mendapat surat pemberitahuan penyidikan dari KPK. Karenanya, dia menghadap Presiden memilih mundur dari jabatan Mensos. “Pada hari ini, tadi saya menghadap Bapak Presiden pukul 10.30 WIB. Saya lakukan ini setelah kemarin saya mendapatkan surat pemberitahuan tentang penyidikan saya terkait kasus yang dilakukan oleh Enny dan Koco. Berdasarkan surat itu, saya mengambil langkah, maka itu saya menghadap Presiden untuk mengajukan surat pengunduran diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral saya,” kata Idrus.

Pengumuman mundurnya Idrus disampaikan pada Jumat siang. Saat ini juga kabarnya akan dilantik pengganti Idrus. “Mohon disiapkan liputan Sertijab Mensos sore ini jam 15.00 di Istana. Thanks, suwun,” bunyi pesan singkat dari pihak Kantor Staf Presiden, seperti dilansir viva.co.id.

Idrus juga mengaku lebih baik kalau penggantinya dilantik lebih cepat. Namun ia tidak memahami, siapa yang dijadikan menteri sosial menggantikannya.

Ia juga mengaku tidak diminta masukannya oleh Presiden Jokowi. Hanya saja, ia berharap penggantinya dari Golkar. Namun, ia menyerahkan sepenuhnya ke Jokowi. Karena yang paling memahami kebutuhan ke depannya. Mengingat, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan sebagai menteri sosial. “Presiden juga tahu bagaimana ke depannya,” kata Idrus.

Kabarnya, pengunduran diri Idrus ini terkait akan ditetapkannya sebagai tersangka suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. Idrus sudah tiga kali diperika dalam perkara ini.

Meski demikian, Waptes Jusuf Kalla mengaku sama sekali belum mendengar kabar yang sudah ramai beredar di kalangan wartawan itu. JK sendiri sebelumnya baru saja bersama-sama Idrus meninjau penanganan gempa bumi di Lombok pekan ini. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.