oleh

Desa Negeri Ujung Karang Manfaatkan DD Cegah Covid-19

DESA Negeri Ujung Karang, Kecamatan Muara Sungkai menjadi salah satu desa di Kabupaten Lampung Utara yang layak diapresiasi dalam hal penanggulangan wabah virus Corona (Covid-19).

Meski berada jauh dari pusat kota dan berpenduduk mayoritas petani, desa tersebut memiliki kesadaran tinggi untuk melakukan pencegahan virus Corona dengan memanfaatkan dana desa (DD) tahap awal tahun 2020.

Sejak Kabupaten Lampung Utara menyatakan waspada Covid-19, Desa Negeri Ujung Karang langsung siaga menggerakkan relawan dan masyarakat. Pemerintah desa bersama BPD dan unsur terkait pengalokasian DD sesuai kebijakan pemerintah untuk pencegahan dan sosialisasi akan bahayanya virus mematikan itu.

Kepala Desa Negeri Ujung Karang, Supianto mengatakan, pihaknya bersama relawan memanfaatkan dana desa tahap awal tahun 2020 untuk berbagai kegiatan dalam memutus rantai penularan Corona virus di desa yang dia pimpin.

“Bersama perangkat desa dan relawan kita telah memasang baliho di setiap sudut desa, penyemprotan disinfektan, membagikan masker, memasang stiker himbauan, dan membagikan sabun untuk mencuci tangan. Kegiatan ini dilakukan langsung dor to dor (pintu ke pintu) ke rumah warga,” kata Kades.

Menurut Supianto, kegiatan ini merupakan upaya pencegahan sekaligus himbauan untuk tinggal di rumah dan melakukan pola hidup sehat dan bersih. Seperti mencuci tangan dan menggunakan masker. Pemdes juga memfasilitasi seluruh warga dengan memasang masker.

“Selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat, jara jarak kontak, hindari kerumunan warga, cuci tangan dengan sabun, dan patuhi himbauan pemerintah. Dengan kerjasama semua pihak, maka kita akan lebih mudah memutus rantai penularan Covid-19,” tandasnya. (ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed