Dinkes Lampura Inspeksi Mendadak Rutan Kotabumi

Kotabumi, Warta9.com – Petugas Inspeksi Dinas Kesehatan Lampung Utara melalui Puskesmas Wonogiri inspeksi mendadak memeriksa dapur di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kotabumi, Jumat (14/2/2020).

Inspeksi ini dilaksanakan berdasarkan himbauan Dirjen Pemasyarakatan bahwa setiap dapur yang ada di Lapas/Rutan harus memiliki sertifikat Layak Izin Higienis dari Dinas Kesehatan.

“Selain himbauan dari pihak Rutan Kotabumi, kami Puskesmas Wonogiri juga memiliki fungsi pemeriksaan layak kesehatan pada tahun 2020 ini untuk Instansi-instansi pelayanan di pemerintahan yang salah satunya adalah Rutan Kotabumi,” disampaikan Nurcholis selaku inspektor Puskesmas.

Sementara Kasubsie Pelayanan Tahanan Rutan Kotabumi Andhika Saputra mengatakan, kebersihan makanan serta cara memasak merupakan hal prioritas dapur Rutan Kotabumi.

“Pada tahun 2019 kita sudah diperiksa oleh Tim Inspeksi dari Dinas Kesehatan dan hasilnya layak, alhamdulillah di awal tahun 2020 ini kita juga mendapatkan layak higienis, mudah-mudahan hal ini dapat dipertahankan dan terus kami tingkatkan,” katanya.

Menurutnya inspeksi ini akan dilakukan secara rutin dan berkala oleh Dinas Kesehatan baik setiap bulan maupun triwulan yang bersifat acak dalam kedatangan pelaksanaannya. “Ini rutin kita lakukan,” tandasnya. (Rozi)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.