oleh

Dinkes Pesibar Canangkan Vaksinasi Bagi Ibu Hamil

Upaya untuk melindungi ibu hamil dari resiko infeksi Covid-19.

Pesibar, Warta9.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesisir Barat (Pesibar) menggelar Pencanangan Vaksinasi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) Bagi Ibu Hamil yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, Jumat (24/9), di Puskesmas Krui Kecamatan Pesisir Tengah.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal, Kepala Dinkes, Tedi Zadmiko, Dandim 0422/LB, ketua DWP Pesibar, Ketua POGI Pesibar, Ketua IDI Pesibar, Ketua PC IBI Pesibar.

Wakil Bupati Zulqoini menjelaskan bahwa wanita hamil memiliki peningkatan resiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu. “Sehingga vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk melindungi ibu hamil dari resiko infeksi Covid-19,” jelasnya.

Wabup juga mengatakan bahwa pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil ini digelar dalam rangka untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu hamil akibat Covid-19, serta mengedukasi para ibu hamil agar tidak ragu untuk divaksin.

“Vaksinasi ibu hamil merupakan salah satu strategi penanganan Covid-19, di mana banyak penelitian yang dilakukan telah menyatakan vaksin Covid-19 ini aman dan halal serta dapat memberikan rasa aman selama masa kehamilan hingga persalinan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, vaksinasi diberikan bagi ibu hamil sudah melalui rekomendasi Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). “Secara umum, dapat disimpulkan bahwa vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil ini efektif dan aman untuk ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya, terutama mencegah ibu hamil tertular virus Covid-19. Pencanangan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil ini dilaksanakan secara serentak di 11 kecamatan se-Pesibar di masing-masing puskesmas,” terangnya.

Wabup juga berharap dengan dilakukannya kegiatan pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil dapat meningkatkan dukungan dan kerjasama pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, masyarakat, dan para pemangku kepentingan terkait dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. “Mari bersama kita sukseskan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil, demi masa depan lebih sehat dan sejahtera di Bumi Para Sai Batin dan Ulama ini,” tukasnya. (Eva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed